Daging kelinci menjadi pengganti kalong sebagai obat Asma?

November 9, 2007 at 2:15 am (Rahasia Alam)

Selama ini kita mengenal secara tradisi bahwa kalong (kelelawar/codot) mampu menyembuhkan atau minimal meredakan penyakit asma. Bahkan ada pula yang menyatakan anak tikus bisa menyembuhkan. Banyak masalah dengan konsumsi kalong ini, mulai dari mempertanyakan kehalalannya, merasa jijik, ngeri sampai kesulitan dalam mendapatkan binatang malam ini. Kemunculan daging kelinci sebagai alternatif pengganti kalong cukup menggembirakan, mengingat kemudahan dan kelezatannya sudah mulai memasyarakat.


Sebelum jauh, mari kita mengenal lebih dekat dengan Asma.

DEFINISI
Asma adalah suatu keadaan dimana saluran nafas mengalami penyempitan (sementara) karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu, yang menyebabkan peradangan.

PENYEBAB
Penyempitan ini dapat dipicu oleh berbagai rangsangan, seperti serbuk sari, debu, bulu binatang, asap, udara dingin dan olahraga.

Pada suatu serangan asma, otot polos dari bronki mengalami kejang dan jaringan yang melapisi saluran udara mengalami pembengkakan karena adanya peradangan dan pelepasan lendir ke dalam saluran udara. Hal ini akan memperkecil diameter dari saluran udara (disebut bronkokonstriksi) dan penyempitan ini menyebabkan penderita harus berusaha sekuat tenaga supaya dapat bernafas.

Sel-sel tertentu di dalam saluran udara (terutama sel mast) diduga bertanggungjawab terhadap awal mula terjadinya penyempitan ini. Sel mast di sepanjang bronki melepaskan bahan seperti histamin dan leukotrien yang menyebabkan terjadinya:
– kontraksi otot polos
– peningkatan pembentukan lendir
– perpindahan sel darah putih tertentu ke bronki.
Sel mast mengeluarkan bahan tersebut sebagai respon terhadap sesuatu yang mereka kenal sebagai benda asing (alergen), seperti serbuk sari, debu halus yang terdapat di dalam rumah atau bulu binatang.

Tetapi asma juga bisa terjadi pada beberapa orang tanpa alergi tertentu. Reaksi yang sama terjadi jika orang tersebut melakukan olah raga atau berada dalam cuaca dingin. Stres dan kecemasan juga bisa memicu dilepaskannya histamin dan leukotrien.

Sel lainnya (eosnofil) yang ditemukan di dalam saluran udara penderita asma melepaskan bahan lainnya (juga leukotrien), yang juga menyebabkan penyempitan saluran udara.

GEJALA
Frekuensi dan beratnya serangan asma bervariasi. Beberapa penderita lebih sering terbebas dari gejala dan hanya mengalami serangan serangan sesak nafas yang singkat dan ringan, yang terjadi sewaktu-waktu. Penderita lainnya hampir selalu mengalami batuk dan mengi (bengek) serta mengalami serangan hebat setelah menderita suatu infeksi virus, olah raga atau setelah terpapar oleh alergen maupun iritan. Menangis atau tertawa keras juga bisa menyebabkan timbulnya gejala.

Suatu serangan asma dapat terjadi secara tiba-tiba ditandai dengan nafas yang berbunyi (wheezing, mengi, bengek), batuk dan sesak nafas. Bunyi mengi terutama terdengar ketika penderita menghembuskan nafasnya. Di lain waktu, suatu serangan asma terjadi secara perlahan dengan gejala yang secara bertahap semakin memburuk.
Pada kedua keadaan tersebut, yang pertama kali dirasakan oleh seorang penderita asma adalah sesak nafas, batuk atau rasa sesak di dada. Serangan bisa berlangsung dalam beberapa menit atau bisa berlangsung sampai beberapa jam, bahkan selama beberapa hari.

Gejala awal pada anak-anak bisa berupa rasa gatal di dada atau di leher. Batuk kering di malam hari atau ketika melakukan olah raga juga bisa merupakan satu-satunya gejala.

Selama serangan asma, sesak nafas bisa menjadi semakin berat, sehingga timbul rasa cemas. Sebagai reaksi terhadap kecemasan, penderita juga akan mengeluarkan banyak keringat.

Pada serangan yang sangat berat, penderita menjadi sulit untuk berbicara karena sesaknya sangat hebat.
Kebingungan, letargi (keadaan kesadaran yang menurun, dimana penderita seperti tidur lelap, tetapi dapat dibangunkan sebentar kemudian segera tertidur kembali) dan sianosis (kulit tampak kebiruan) merupakan pertanda bahwa persediaan oksigen penderita sangat terbatas dan perlu segera dilakukan pengobatan.
Meskipin telah mengalami serangan yang berat, biasanya penderita akan sembuh sempurna,

Kadang beberapa alveoli (kantong udara di paru-paru) bisa pecah dan menyebabkan udara terkumpul di dalam rongga pleura atau menyebabkan udara terkumpul di sekitar organ dada. Hal ini akan memperburuk sesak yang dirasakan oleh penderita.

PENGOBATAN
Pengobatan segera untuk mengendalikan serangan asma berbeda dengan pengobatan rutin untuk mencegah serangan.

Agonis reseptor beta-adrenergik merupakan obat terbaik untuk mengurangi serangan asma yang terjadi secara tiba-tiba dan untuk mencegah serangan yang mungkin dipicu oleh olahraga.
Bronkodilator ini merangsang pelebaran saluran udara oleh reseptor beta-adrenergik.
Bronkodilator yang lebih baru memiliki efek yang lebih panjang, tetapi karena mula kerjanya lebih lambat, maka obat ini lebih banyak digunakan untuk mencegah serangan.

Jenis bronkodilator lainnya adalah theophylline.
Jumlah theophylline di dalam darah bisa diukur di laboratorium dan harus dipantau secara ketat, karena jumlah yang terlalu sedikit tidak akan memberikan efek, sedangkan jumlah yang terlalu banyak bisa menyebabkan irama jantung abnormal atau kejang.

Corticosteroid menghalangi respon peradangan dan sangat efektif dalam mengurangi gejala asma. Jika digunakan dalam jangka panjang, secara bertahap corticosteroid akan menyebabkan berkurangnya kecenderungan terjadinya serangan asma dengan mengurangi kepekaan saluran udara terhadap sejumlah rangsangan.
Tetapi penggunaan tablet atau suntikan corticosteroid jangka panjang bisa menyebabkan:
– gangguan proses penyembuhan luka
– terhambatnya pertumbuhan anak-anak
– hilangnya kalsium dari tulang
– perdarahan lambung
– katarak prematur
– peningkatan kadar gula darah
– penambahan berat badan
– kelaparan
– kelainan mental.

Cromolin dan nedocromil diduga menghalangi pelepasan bahan peradangan dari sel mast dan menyebabkan berkurangnya kemungkinan pengkerutan saluran udara. Obat ini digunakan untuk mencegah terjadinya serangan, bukan untuk mengobati serangan.
Obat ini terutama efektif untuk anak-anak dan untuk asma karena olah raga. Obat ini sangat aman, tetapi relatif mahal dan harus diminum secara teratur meskipun penderita bebas gejala.

Obat antikolinergik (contohnya atropin dan ipratropium bromida) bekerja dengan menghalangi kontraksi otot polos dan pembentukan lendir yang berlebihan di dalam bronkus oleh asetilkolin. Lebih jauh lagi, obat ini akan menyebabkan pelebaran saluran udara pada penderita yang sebelumnya telah mengkonsumsi agonis reseptor beta2-adrenergik.

Pengubah leukotrien (contohnya montelucas, zafirlucas dan zileuton) merupakan obat terbaru untuk membantu mengendalikan asma. Obat ini mencegah aksi atau pembentukan leukotrien (bahan kimia yang dibuat oleh tubuh yang menyebabkan terjadinya gejala-gejala asma).

PENGOBATAN UNTUK SERANGAN ASMA

Suatu serangan asma harus mendapatkan pengobatan sesegera mungkin untuk membuka saluran pernafasan. Obat yang digunakan untuk mencegah juga digunakan untuk mengobati asma, tetapi dalam dosis yang lebih tinggi atau dalam bentuk yang berbeda.

Agonis reseptor beta-adrenergik digunakan dalam bentuk inhaler (obat hirup) atau sebagai nebulizer (untuk sesak nafas yang sangat berat).
Nebulizer mengarahkan udara atau oksigen dibawah tekanan melalui suatu larutan obat, sehingga menghasilkan kabut untuk dihirup oleh penderita.

Pengobatan asma juga bisa dilakukan dengan memberikan suntikan epinephrine atau terbutaline di bawah kulit dan aminophylline (sejenis theophylline) melalui infus intravena.

Penderita yang mengalami serangan hebat dan tidak menunjukkan perbaikan terhadap pengobatan lainnya, bisa mendapatkan suntikan corticosteroid, biasanya secara intravena (melalui pembuluh darah).

Selama suatu serangan asma yang berat, dilakukan:
– pemeriksaan kadar oksigen dan karbondioksida dalam darah
– pemeriksaan fungsi paru-paru (biasanya dengan spirometer atau peak flow meter)
– pemeriksaan rontgen dada.

Seriusnya selesai…

Pemanfaatan daging Kalong/Codot maupun daging kelinci ditujukan untuk pengobatan secara jangka panjang, jadi harus dilakukan secara rutin.

Bagaimana memasak Kalong sebagai obat?
Cara pertama memasak hampir semua bagian tubuh kalong kecuali sayapnya. Sayap dan kaki kalong di buang. Memasak bisa dengan berbagai menu baik direbus, dicampur sayur atau digoreng. Ini pernah aku lihat di salah satu siaran TV.
Cara keedua. Dapatkan hati kalong, masak seperti kita memasak hati ayam, goreng dan kemudian tumis dengan bawang merah dan bawang putih, makanlah secara teratur.
Tempat-tempat mendapatkan kalong:
1. Desa Gayam Kecamatan Mojokerto Tupamadya, Kediri
2. Pasar Bringharjo Jgja
3. Daerah Bomo, Pacitan Jawa Timur

Secara tradisi, penggunaan herba sebagai obat asma juga sudah dikenal.
Resep herba tradisional untuk mengatasi saat asma datang yakni badan penderita digosok dengan kukuran jahe yang dicampur dengan minyak kayu putih. Bahan alami yang dapat dipakai menyembuhkan asma secara tunggal adalah pegagan atau kaki kuda atawa (Centella asiatica Urban). Caranya, ambil 12 lembar daun pegagan, setelah dicuci kemudian direbus dengan 300 cc air bersih hingga tinggal 200 cc.
Setelah dingin disaring, hasilnya diminum tiga kali sehari masing-masing dalam jumlah yang sama. Lakukan cara ini hingga sesak napas menjadi berkurang. Resep ini juga dapat dipakai menyembuhkan batuk biasa.
Penderita dibiasakan berjemur diri setiap pagi minimal selama 30 menit dan menghentikan kebiasaan merokok.

Daging Kelinci

Daging kelinci ternyata mengandung satu zat yang disebut senyawa kitotefin. Senyawa tersebut apabila digabungkan dengan berbagai senyawa lain seperti lemak omega tiga dan sembilan, disinyalir bisa sebagai penyembuh penyakit asma.
Secara teknis, daging penghasil senyawa kitotefin ini berfungsi untuk menstabilkan membran sel mastosit. Asma, yang terjadi lantaran alergi bisa dicegah dengan adanya daging bersenyawa kitotefin itu di dalam tubuh. Sebab daging tersebut merangsang terbentuknya antibodi pada tubuh. Dan apabila antibodi tersebut melekat pada sel mastorit, bisa mencegah pecahnya membran. Pecahnya membran bisa membentuk otot-otot polos saluran napas berkontraksi. Hasilnya, saluran napas menyempit hingga terjadi asma.
Yang perlu diperhatikan mungkin hanya masalah pengolahan daging sebelum dimakan. Sebab kalau sembarangan mengolah bisa mengakibatkan hilangnya kadar kotitefin yang ada. Jadi disarankan tidak mengolah daging dalam kondisi terlalu panas. Suhu yang disarankan untuk memasak daging ini, jangan sampai melebihi 150 derajat Celcius

Sebagai tambahan daging kelinci telah dinyatakan halal

http://www.mui.or.id/mui_in/fatwa.php?id=64

@IBK-Nov2007

265 Komentar

  1. Sugi said,

    informasi yang sangat berguna bro, aku minta ijin cetak print yah untuk obat istriku.

    Thx,
    Sugi

    • Yana said,

      BATUK BERDARAH & SESAK NAFAS (Bp. Ermi.M)
      0818 0850 9714 / 0857 1903 3983
      http://www.primasolusimedika.com

      Menjadi perokok berat sejak usia muda membuat kesehatan Bapak Ermi. M yang beralamat di Kelurahan Padang Pasir, Kec. Padang Barat, kian hari kian menurun, batuk terus-menerus dan gampang masuk angin serta sakit kepala yang datangnya setiap waktu, gangguan ini sudah dirasakan +/- 10 tahun, puncaknya sekitar 2 tahun terakhir, batuk yang awalnya hanya batuk kering berubah menjadi batuk yang mengeluarkan darah, kondisi ini sangat mengganggu aktifitas kesehariannya sebagai pedagang.

      Dari hasil foto rontgen, dokter menyatakan di paru-parunya terdapat flek dan aa bagian yg bolong-bolong, berbagai jenis pengobatan dan terapi telah dijalani tapi kesembuhan masih belum didapatkan, karena batuk yang terus-menerus membuat nafasnya jadi sesak akibatnya waktu tidur dan istirahatnya jadi berkurang sehingga wajahnya jadi pucat dan berat badannya menurun.

      Sekitar awal Januari 2009, seorang teman sesama pedagang di pasar Raya Padang menyarankan untuk mencoba meminum Sarang Semut produksi PT. PRIMA SOLUSI MEDIKA dalam bentuk kapsul yang berisi ekstrak serbuk Sarang Semut dengan dosis 3×2 butir sehari, setelah 15 hari rutin mengkonsumsi Sarang Semut, batuk yang awalnya mengeluarkan darah berangsur berkurang dan mulai berubah menjadi batuk berdahak biasa, sesak nafaspun mulai berkurang, perkembangan kesehatannya semakin baik setelah mengkonsumsi Sarang Semut selama 2,5 bulan dengan dosis lanjutan 2×2 butir sehari. Batuk berdaha itupun akhirnya berhenti, tidur lebih pulas dan berkualitas, nafsu makan meningkat sehingga berat badannya naik 4kg dibandingkan sebelum meminum obat ini.
      Bapak dg 2 orang anak ini saat ini telah pulih kesehatannya, rona wajahnya tidak lagi pucat seperti dulu, beliau telah dapat menjalankan aktifitas kesehariannya dengan lancar, dengan wajah berseri-seri beliau mengatakan, untuk menjaga dan mempertahankan kesembuhan yang telah didapatkan beliau tetap mengkonsumsi Sarang Semut 1 butir perhari atau 1 butir perdua hari dengan tetap mengatur pola makan, pola istirahat dan berhenti merokok.

      • Nova Nmku said,

        boleh kah saya bertanya…
        papaku sakit asma, itu apakah daging aklong itu dapat sembuh. or mencegah gt…??

    • www.sahabatenteroreneur@gmail.com said,

      obat asma mudah gratis dan enak selain daging kelinci
      email:satuhatibersaudara@gmail.com
      wwwsahabatenterpreneur.com
      0813 2545 1343
      0819 0444 8453
      0857 2748 4786

      • ulin said,

        maksud y anda jual daging kelinci

  2. iwang said,

    Monggo, silahkan….

    Saya gembira bisa turut berbagi.

    • melansyaputra said,

      apakah sudah terbukti,bhw bner2 ampuh tu obat…

    • www.sahabatenteroreneur@gmail.com said,

      obat asma mudah gratis dan enak selain daging kelinci
      email:satuhatibersaudara@gmail.com
      wwwsahabatenterpreneur.com
      0813 2545 1343
      0819 0444 8453
      0857 2748 4786

  3. EL_ADIEB said,

    THANKS, INFO INI SANGAT MEMBANTU KONSUMEN PENIKMAT SATE KELINCI – DI WAROENG SATE DJOWO I , RAWA LUMBU BEKASI TIMUR

    • lina said,

      Aku mauu tanya yach yg jual daging kelinci di jakarta barat ada ga yach?
      Atau di tanggerang ada yg jual ga yach?
      Thx yach.

  4. ABDULLAH FAQIH said,

    saya senang dapat informasi manfaat daging kelinci yang konon bisa membantu penyembuhan asma, ada satu hal lagi empedu kelinci konon bisa meningkatkan stamina lelaki…saya sudah coba looh…ternyata benar..top ceer..habis makan sate kelinci di + minum empedunya,,wao..stroong…!!

  5. Chaniago said,

    Anak saya berumur 6 th dan baru terserang asma sekitar 6 bulan terakhir ini. Saya sangat tertarik sekali mendapat artikel ini. Kalo bisa minta bantuan teman2 bagaimana cara memasak kelinci yang baik dan benar. Kebetulan saya juga punya kelinci (memelihara).

    Terima kasih atas bantuannya.

  6. Isna said,

    Kata orang-orang yg pernah motong dan pedagang sate kelinci, yg penting jangan sampai kena pipisnya.
    Katanya jadi bau dan rasanya nggak sedap…

  7. ben said,

    thanks info nya
    semoga aja bermanfaat buat semuanya

  8. ade said,

    apa ka ada obat lain selain kalong dan kelinci

    • dwi said,

      Coba madu pramuka yg bee polen

  9. Felix Wijono said,

    terima kasih informasinya . saya akan mencoba untuk mengurangi asma yang diderita istri saya. kalau ada info lain yang HERBAL , tolong upload lagi yach…thx

    • Yana said,

      BATUK BERDARAH & SESAK NAFAS (Bp. Ermi.M)
      0818 0850 9714 / 0857 1903 3983

      http://www.primasolusimedika.com

      Menjadi perokok berat sejak usia muda membuat kesehatan Bapak Ermi. M yang beralamat di Kelurahan Padang Pasir, Kec. Padang Barat, kian hari kian menurun, batuk terus-menerus dan gampang masuk angin serta sakit kepala yang datangnya setiap waktu, gangguan ini sudah dirasakan +/- 10 tahun, puncaknya sekitar 2 tahun terakhir, batuk yang awalnya hanya batuk kering berubah menjadi batuk yang mengeluarkan darah, kondisi ini sangat mengganggu aktifitas kesehariannya sebagai pedagang.

      Dari hasil foto rontgen, dokter menyatakan di paru-parunya terdapat flek dan aa bagian yg bolong-bolong, berbagai jenis pengobatan dan terapi telah dijalani tapi kesembuhan masih belum didapatkan, karena batuk yang terus-menerus membuat nafasnya jadi sesak akibatnya waktu tidur dan istirahatnya jadi berkurang sehingga wajahnya jadi pucat dan berat badannya menurun.

      Sekitar awal Januari 2009, seorang teman sesama pedagang di pasar Raya Padang menyarankan untuk mencoba meminum Sarang Semut produksi PT. PRIMA SOLUSI MEDIKA dalam bentuk kapsul yang berisi ekstrak serbuk Sarang Semut dengan dosis 3×2 butir sehari, setelah 15 hari rutin mengkonsumsi Sarang Semut, batuk yang awalnya mengeluarkan darah berangsur berkurang dan mulai berubah menjadi batuk berdahak biasa, sesak nafaspun mulai berkurang, perkembangan kesehatannya semakin baik setelah mengkonsumsi Sarang Semut selama 2,5 bulan dengan dosis lanjutan 2×2 butir sehari. Batuk berdaha itupun akhirnya berhenti, tidur lebih pulas dan berkualitas, nafsu makan meningkat sehingga berat badannya naik 4kg dibandingkan sebelum meminum obat ini.
      Bapak dg 2 orang anak ini saat ini telah pulih kesehatannya, rona wajahnya tidak lagi pucat seperti dulu, beliau telah dapat menjalankan aktifitas kesehariannya dengan lancar, dengan wajah berseri-seri beliau mengatakan, untuk menjaga dan mempertahankan kesembuhan yang telah didapatkan beliau tetap mengkonsumsi Sarang Semut 1 butir perhari atau 1 butir perdua hari dengan tetap mengatur pola makan, pola istirahat dan berhenti merokok.

  10. gandi said,

    apakah berenang bisa mencegah / menyembuhkan penyakit asma, thanks.

  11. jacknova said,

    Dengan adanya informasi ini,sangat membantu orang yang berpenyakit asma….bagi kawan2 yang memiliki tips2 lainnya mohon diberikan…..trims..

  12. Yugo said,

    terimakasih banyak atas artikelnya,
    kebetulan saat ini saya lagi bingung dan khawatir dengan keadaan anak saya yang berumur 2 th. dua bulan ke belakang anak saya sehat2 saja, tapi sejak beberapa minggu anak saya kelihatan tidak begitu gairah spt hari2 yang telah lalu. akhirnya saya putuskan untuk dibawa ke dokter. dan begitu kaget setelah saya mendengar keterangan dari dokter bahwanak saya terserang ASMA.
    itulah sekilas mengenai kekhawatiran saya.

    dan sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas informasinya mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anak saya dan semua yang membutuhkan.

    thx

    yugo

  13. Dhea said,

    Makasih banget..t..t…t..atas infox?
    kebetulan ayah saya terkena penyakit asma. Semoga dengan informasi ini bisa membantu…,sekali lg makasih banyak artikelx..!p(^o^)q

  14. Christ_Aceh said,

    Wah Matur tengkyu banget ya….

    Ada teman aq di batam yang kena asma uda sejak lama. Dia uda minum obat dari dokter tp gak ada perubahan besar terjadi.

    Mgkn saran ini bisa aq berikan buat dia. Aq sangat berharap dia bisa sembuh.
    Bisa lihat dia tersenyum karena asmanya berkurang apalagi hilang udah buat hati ni lega banget. Membantu sesama khan enggak pernah ada ruginya.

    Thx sekali lagi atas infonya

  15. Amalia Ratnasari said,

    Thanks banget buat artikelnya, anak saya yg kuliah di peternakan smakin smangat melihara kelincinya skalian buat ngobatin asma saya.

  16. aan said,

    trims banget buat artiklenya, dan saya minta ijin untuk mengkopy artikel ini, semoga aja bisa sebagai bahan untuk pertimbangan untuk obat istri saya yang terkena asma.

  17. Seno fals said,

    Thanks bro…Atas info
    sate kelinci ada dijln raya lenteng agung menuju UI,

    • sonto said,

      di gang apa man???

    • deni said,

      tepatnya dijalan apa yyyy? trus kalao di makan ama anak umur 2 tahun boleh gak ya?

  18. oscar said,

    info ini penting n berguna banget buat aku sebagai anggota klub asma kronis, aku akan coba makan daging kelinci lagian aku juga gi bkin skripsi ttg kelinci, Jazakumullah Khairan

  19. eed said,

    thanks untuk info nya sangat membantu banget krn istri saya punya asma.

  20. hilal said,

    makasih atas infonya jazakalloh…… semoga Alloh membalas kebaikan Bapak / ibu

  21. Gentong... said,

    Terima kasih atas obatnya bro… semoga bermanfaat buat anak saya yang terkena gejala asma…
    Matur thank’U ya bro..

  22. yadi said,

    Bos,

    Thanks untuk infonya,
    Anak saya masih balita, apa ada obat yang lain ?

  23. Indra_setiadi said,

    Artikelnya keren banget. cz g bisa kasih info ke bokap yg lagi sakit asma.
    makasih ya. GB

  24. Nay said,

    Thnx beth infony cz skrg w n nykap w gi asma.

  25. jajat said,

    minta cara memasaknya dong, buat istri sy yg punya penyakit asma cukup parah. terima kasih atas info nya, informasi ini sangat berati buat aq,

  26. jajat said,

    baru tau daging kelinci bisa ngobatin penyakit asma!!! eh makasih informasinya, ini sangat berarti buat aq, soalnya istriku juga menderita penyakit asma,,, eh sekalian kalau bisa, aq minta cara masak nya dong… hehee…

  27. dhenny said,

    MAKASIH BOZZ INFO_NYA. . . . . . . . . . . . . . ???!!!

  28. andre mantiri said,

    wah thanx bwt info nya y…

    saya termasuk penderita asma dan alergi jg..

    kebetulan asma dan alergi saya tergolong parah dan sensitif bgt…

    sll kmbuh hampir dua kali sehari… saya capek mengkonsumsi obat2an kimiawi..

    sekali lg thanx..

  29. kasdam said,

    makasih yaahhh atas inpormasinya bwt catatan di benak saya pas kena serangan ashma menyerang begitu melihat kelinci tetangga bisa tak tikrep bwt tak sate…..bro apalagi di jamin HALAL…… 1000%

  30. wahyu widodo said,

    matur nuwun, sumuhun,…..pawartos na anjeun bermanfaat banget

  31. BudiSyahrie said,

    tank” s atas infonya semoga banyak manfaatnya

  32. rudi said,

    terimakasih atas artikelnya. ini sangat membantuku dalam mengerjakan makalah

  33. md.lanus said,

    trima kasih atas informasinya tapi apkah ada obat asama yg sudah kronis karena setiap hari kambuh trimakasih

  34. imot said,

    thank’s infox

  35. wans said,

    thanx infonya….semoga bernilai ibadah

  36. sunardi said,

    thanks,,yang sudah buktikan silahkan kirim infonya

  37. unyil said,

    kalo bisa g minta informasi tentang obat asma yang gak pake makan daging donk soalnya kawan g sakit asma trus dia vegetarian

  38. Rio said,

    Terima kasih untuk info yang membantu sekali, karna baru-baru saja sy terkena asma dan masih mencari2 penangkalnya selain obat2an.
    Btw, kalo daging kelinci ama susu kambing bagusan mana untuk kesembuhannya?

  39. hin said,

    Thanks infonya, mau tanya nih kalau nyari kalong di daerah Bandung, ada yg tau gak yah….ayahku pernah makan ati kalong, katanya sih membantu juga selain makan sate kelinci juga. Sekedar informasi katanya sih empedu ular juga mujarab untuk pengobatan asma loh, ada yg bisa sharing kebenarannya ? Thanks

  40. aan said,

    Kalo beli dimana ya ?
    Harganya berapa?
    Mohon informasinya

  41. koni said,

    istri dan anak saya punya penyakit asma, tolong ya infonya alamat yg lengkap tempat sate kelinci, atau tempat makan daging kelinci
    terima kasih

  42. emaco said,

    Thank’s atas tips nya

  43. ayah ayyin said,

    terima kasih atas infonya ….. kalau om dan tante ada yang tau tempat jual dan harga dari daging kelinci (sate, sop, dlll) email saya yah (dedy_syahyuni@yahoo.com) anak saya kena asma dan saya butuh pertolongan om dan tante sekalian.

    tentunya yang berlokasi di jakarta terutama jakarta selatan.

  44. jensen99 said,

    Selain pegagan ada obat herbal lain?

  45. KIRMAN said,

    konon menurut dr. Adamo golongan darah B sangat cocok dengan mengkonsumsi daging kelinci

  46. Bona said,

    anak saya asma, mudah2xan ini bisa jadi obat.
    Trims ya.

  47. andhien said,

    makasih ya infonya.
    semoga semua cepat sembuh.
    ibuku jg asma, minta do’anya ya……
    trims.

    • widia said,

      coba peningkatan energi sel deh….. banyak yg sdh terbantu…. telp nya 021–32417565.

  48. mustalikin said,

    trims artikelnya membantu anak saya dan akan saya buktikan, yang paling banyak kandungan senyawa kitotefinnya dimasak apa di goreng atau direbus sehingga menghasilkan obat yang maksimal

  49. gurum said,

    dulu pernah saya nanya ustad tentang kehalalan kalong. ustad ngejawab masih khilafiah. katanya lagi, anaknya kena asma trus dia beli kalong dan dia sendiri yang motongin, dia cerita waktu itu anaknya sudah berani maen ujan-ujanan. sembuh..

  50. ghokong said,

    Alhamdulillah,terima kasih banyak infonya sangat lengkap,saya akan mencoba nya mudah2an bisa mengurangi rasa sakit dan berhasil sembuh,sungguh menyenangkan.semoga bermanfaat bagi kita semua.Amien

  51. uya said,

    thanks infonya, saya salah satu penderita asma tapi ga berani makan daging kalong. jadi karena bisa makan daging kelinci yang halal aman dong.

  52. Indra said,

    Duh…makasih baget eng.. tas infonya kbetulan aku punya [enyakit asma neh

  53. nelly said,

    Trims ya, atas info dari artikel diatas. Kebetulan ke 2 anak saya yang berusia 10 tahun dan 51/2 thn adalah penderita asma, bisa tertolong, soalnya bila anakku mendapat serangan,aku sedih sekali, karena kami orangtua harus memberi uap/nebulizer.

  54. paijo said,

    keren banget nieh, 2 bulan lalu saya punya kelinci namun ada yang bilang keberadaan kelinci sebagai pencetus kambuhnya asma, mungkin karena bulunya yang sangat halus. Akhirnya saya malas ngurus kelinci dan saya lepas begitu saja trus enggak balik2 lagi. Ternyata malahan bisa dipake obat, thank banget infonya. Besuk saya borong tuh kelinci biar asma anak saya cepet pergi.

  55. Adhit_Jawanda said,

    Thank s Friend, Ini bermanfaat banget buat aku karena aku sendiri ngidep nich penyakit. Krasa banget kalo kambuh. Kalau memang ini berhasil Allhu alam, kan bisa ga bertentangan sama agama kalau itu daging kelinci,… Hehehe

  56. iriadi said,

    terima kasih banyak atas artikelnya.
    sebagai inovasi pengobatan selain obat medis atau alternatif

  57. jalung said,

    trm atas impo ny saya to pndrta juga <mudh2n daging klici bisa menybknya ,,,,thk

  58. rei said,

    thank ya atas info nya karena aku punya penyakit asma yang sudah cukup parah mudah mudahan dengan informasi ini aku bisa sembuh

  59. andy novan said,

    alhamdulillah ya allah atas ridhomu yang engkau berikan
    dan terima kasih atas informasi (artikel) yang insyallah berguna bagi semua, khususnya yang sedang sakit asma.
    semoga allah memberikan kita semua kenikmatan dan kesehatan.

    Dan saya doakan bagi semua dengan adanya informasi ini penyakit yang diderita orang yang kita cintai, sayangi bisa sembuh.

    SEMOGA CEPAT SEMBUH

  60. BINTANG said,

    Saya sewaktu kecil punya Asma tetapi sejak Sekolah dasar penyakit tsb hilang. Saya beberapa hari ini +/-5 hari, merasakan sesak nafas setiap menjelang malam dan semakin berat pada tengah malam sampai2 tidak bisa tidur nyenyak. Anehnya pada siang hari sesak hilang sama sekali.

    Melihat anda bisa menguraikan perihal penyakit asma, sayaingin tanya apakah ini perupakan Asma yang muncul kembali???

  61. nabila said,

    saya gak mau makan daging kelinci karena kelinci adalah hewan peliharaan dan jika ada yang membunuh untuk obat asma ngapain peduliin orangnya yang penting kelincinya manusia adalah orang yang diberikan kekuasaan tapi malah berfoya-foya makan daging hewan semena-mena

    —from peta to message to indonesia ——

    tank u to wacth tihis message if u have jentle heart please open web http://www.peta.com and open asia-pasifik thank u

  62. kika said,

    infonya bermanfaat bgt. mohon ijin bt nge-print ya. kebetulan aq lg nyari obat bt sakit asma qu.

    tingkyu…..^!^

  63. FAJAR said,

    Ada lagi g’ obat yg paling mujarab selain yg tadi

  64. yoyok said,

    thank’s infonya.. kalau hati kera gmn bozz…

  65. qreyzz said,

    uwaduuuhhh…..
    informasinya berguna sekali…
    kebetulan aq penderita asma..
    aq mw nanya donk.!!
    kalou obat” tersebut didapatkanya
    diy mana sajj ???

    plz reph ea coz penting bangedh..!!!

  66. soeis said,

    Daging kelinci, selain untuk obat asma,kalau bener cara masaknya, wah mak nyuuus tenan.
    karna saya penggemar sate dan tongseng daging kelinci.
    Saya pernah makan sate kelinci di jln. kaliurang km19 jogja,
    walau agak mahal, tapi mantap.

    • santo ajie d said,

      Mau tanya di jakal km 19 sebelah mana ya mas yg jual sate kelinci warungnya apa? kalo yg lebih deketan ama kota pernah nemu gak? soalnya saya sedang dalam pengobatan dengan disarankan mengkonsumsi daging kelinci untuk kesuburan (lagi pingin punya anak mas hehehehe)

  67. odhieng said,

    Asma bnr2 menjengkelkan! Mmbc artikel td sy jd trtarik pngen cpt2 bl kelinci lalu dbakar sndiri biarasma ku cpt smbuh. Trmksh ats infony ya,smg dbalas dg kbaikn olh allah. Amin

  68. arie said,

    maturnuwun infonya….

  69. Usman said,

    Maaf saya mau tanya,,, apakah daging kelinci itu di Goreng atau di atau di sayu?
    mohon di jelaskan

  70. sweet_afza said,

    makasih byk bwt infonya, brmanfaat bgt bwt qt2 pndrita asma..

  71. tasya said,

    terima kasih artikelnya, jadi tau d kenapa asma ku kambuhh.

    aku penderita ASMA dari kecil. udah seminggu ini aku kena serangan asma. byasanya kalau sudah minum obat, dalam waktu 3 hari sudah sembuh. tapi sudah seminggu ini gak sembuh2…bingung deh. ada yg punya pngalaman sudah minum obat tapi gak sembuh2?

  72. harlin said,

    bro…info ini berharga sekali buat orang2 yang terkena astma dan temenku ad skitar lima orang yang terkena astma…minta izinnya supaya tak sebar luaskan diblog saya…supaya saya dapat memberikan info ketemean2 saya yang terkena astma…bole ndak bro…?thanx sblumnya

  73. Sutendi said,

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Saya Bingung harus bicara apa krn saya sudah lama punya penyakit asma
    & saya bingung kenapa penyakit ini belum ada yang bisa menukan obatnya & saya bertanya apakah penyakit ini emang betul di teliti oleh para dokter2 kita atau dokter2 luar karena rata2 penyakit yang ganas sekalipun sekarang sudah ada obatnya tp penyakit asma ini dari dulu lom juga yang dapat menemukan obatnya padahal obat meringankan penderitaannya udah dapat tp kenapa obat pembasminya lom ada. tolong donk bisa kirimkan website para dokter yang bisa diajak konsultasi tentang penyakit ini.

  74. Dedhiek said,

    informasi yang sangat bermanfaat.
    minta ijin cetak buat pengobatan keluargaku ya bro

  75. akbad said,

    THx, infonya
    moga mujarab untuk semua penderita asma…. Amien Yra

  76. anam s said,

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas artikelnya n resep dari temen2 smg ini menjadi jalan penyembuhan istri saya yang tercinta. Amin………………….
    apakah ada alternatif obat lain selain kelinci dan kalong?……………semisal dari herbal gitu?

  77. eri baturaja said,

    terims informsinya,
    semoga kita semua penderita asma cepat sembuh semua,
    wassalam.

  78. sinu said,

    artikelnya bagus
    Bisa buat bahan acuan neeh
    Asmaku tak kunjung sembuh..klo mlem g bisa tdur gara2 batuk n nafas sesak
    Buat redaksi..klo da update seputar asma mnta kirim ke emailku yah
    Thanks:)

  79. rady said,

    ok,terima kasih bos,
    minta izin mau print utk kwan…ok
    thanks

  80. saiful said,

    trims infonya semoga jadi amal ibadah

  81. ashadi said,

    Makasih atas infonya.but,bisa dikirim lewat emailq gak ya….coz,aq gak bawa flashdisc.he…he…he…

  82. annisa said,

    daging kelinci bisa didapat di lembang, bandung. juga sudah ada yang diolah jadi sate, gule, soto dll. kalow daging kalong bisa didapat di pasar hewan sukahaji, bandung. sate kelinci harganya relatif murah banget cuma 15ribu per 10 tsk.

  83. heri said,

    minta tolong dong untuk ati kalong bisa didapat dimana dibandung selain sukahaji, en minta ijin print ya.

  84. budi said,

    tlng ksih cara yang tepat untuk masak sbg obat asma, krn anak sya lgi kambuh. sya mhon scpatnya. trim

    • widia said,

      coba peningkatan energi sel pak, banyaak yg sdh sembuh . ga pkai obat, aman telp nya 021-32417565.

  85. David said,

    Thx infonya, sangat berguna, saya bisa menggunakan informasi ini untuk menyembuhkan sakit asma tunangan saya. Boleh saya copy yah untuk referensi, dan belajar. Thanks

  86. Bobby said,

    Iwang, saya mohon izin..
    mencetak artikel ini buat pengobatan teman saya..
    Terima kasih Iwang..:)

  87. ediee said,

    than`s ya atikelnya, berguna banget bagi aqn karna aq punya saudara mengidap penyakit asma.

  88. Udien said,

    Thanks banget untuk artikelnya. Saya emang belum mencoba dgn daging kelinci. Sekedar inpo Biasnya untuk mencegah serangan datang di malam hari ,sebelum tidur saya minum obat anti asama 1 tablet (asmasoho atau napacin dsb(maaf bukan iklan) hasilnya bisa tidur nyenyak sampai pagi. Bagi temen2 yang punya trik lain cara mengatasi asmanya mohon share ke aku udin2912@yahoo.co.id terimakasih..

  89. rudy said,

    untuk rekan2 yg punya masalah dg asma, mungkin info ini bisa dijadikan salah satu alternatif pengobatan. Produk ini BUKAN obat/herbal/steroid, tapi molekul yg diekstrak dr kolostrum dg teknologi NanoSystem sehingga AMAN utk semua usia… silakan lihat2 di : http://www.transferfactorindonesia.co.cc. Semoga bermanfaat !

  90. Afrizal said,

    Assalamualaikum……,makasih baget ya atas informasinya,saya yg brsangkutan emang ada penyakit asma dari kecil,sekarang saya dh tau obatnya apa,ya mudah mudahan dengan dengan informasi ini penyakit asma saya bs sembuh,Amin…….
    Kalau ada obat yang lebih bagus(Harganya Lebih Mahal) tolong infokan ke saya ya…..????? Rizal7487@yahoo.com
    Thanks ya…………..

  91. Evi said,

    Wah okay bget infonya
    q kena asma br0nchitis sejak dri lahir n’fakt0k keturunan q udah pernah makan kalong, kelelawar, empedu ular cobra, pokoy mua udah q coba
    tapi mengapa? Kuk gak sembuh2 yaw?
    Ad s0lusi gak?
    Eh asma gak boleh makan coklat trlu byak, ikan laut, ayam pedaging, n’telur h0ren
    it bisa merangsang kembali gejala2 asma
    ad obat herbal lain kgak? Thanx

  92. heriroro2000 said,

    aku juga pengidap asma. terlihat pertama kali waktu TK (skr umurku 25) kata dokter ini keturunan, tp kata tukang pijat ini karena salah urat. Iseng2 aku pijat urat, ternyata kata tukang pijet ini karena penyempitan rongga dada, lalu dipijat pada telapak kaki bagian tengah dekat dengan jari-jari kaki, baik kaki kanan maupun kaki kiri tekan dengan jempol kuat-kuat. lakukan setiap pagi. Alhamdullilah sekarang dah lumayan jarang kumat.

  93. Moestafa - Bogor said,

    Hatur thank u friend, dah lama nyari kalong di kebun raya Bogor dah ga ada, ternyata kelinci juga bisa ya, atuh di pasar Bogor banyak yang jual kelinci, atuh ini aja yang gampang, lagi pula halal. di Sidney orang jual goreng ayam sama mahalnya dengan harga goreng klinci dan sangat populer, gantinya makan fish n chips, jadi kalau selain bergizi ada ngaruh nyembuhin asma, makan ayamnya tak ganti sama daging klinci

  94. asep nurzaman said,

    Alhamdulillah
    seneng baaanget dapat infonya,tapi sedih juga karna gak punya uang buat beli kelincinya.

  95. agus setiawan said,

    makasih banget atas informasinya. Pasti sangat ber guna untuk bamyak orang. Oh ya saya boleh minta printnya ngak? Tolong dikirimke email saya ya. Terima kasih

  96. kurmiyati said,

    wah…jadi semangat nyari daging kelinci…:) supaya bisa sehat dari asma…
    soalnya kemaren2 bingung, mau makan daging kalong tapi ragu kehalalan nya…
    makasih yah…

  97. Ari said,

    Friends, tolong kasih info donk warung sate/tongseng daging kelinci di Jakarta & Depok. Plz yah.

  98. abyan said,

    Terimakasih infonya..Rutinnya berapa kali ya makan daging kelinci?

  99. rrj said,

    Thanks, artikelnya memberikan manfaat banyak orang.

  100. Joko said,

    Wah, info yg bgs, biasanya utk darurat aku sedia inhaler merk berotec, obat semprot dr mulut, kt pr ahli, jenis ini lbh bgs, drpd obat yg diminum, krn bkrj lgsng ke saluran nafas shg efek samping lbh kecil. Tp kok hrg’nya kian naik, trakhir 105rb. Klo daging kelinci di sala3, adanya di kopeng, agak jauh.

  101. ruri said,

    thanx’mujizat it nyata

  102. yuday said,

    Thank’s atas artikel tentang obat asma secara alami karena kami termasuk club asma makanya akan akan coba pakai daging kelinci,thank’s bangeeeeeeeeeeet smoga bermanfaat but smua…amiiin

  103. yuday said,

    thank’s atas infonya ini….

  104. EIN said,

    maksih infonya. akan saya coba, karena sy masih bingung anak saya kumat2an setiap batuk2 sering dia disertai sesak nafas, kt dokter ada asmanya, doakan moga ank saya tdk kambuh lagi, biar kita sekeluarga jd lebih semangat menjalani aktifitas karena anak saya sehat, dan dpt bermain dengan bebas

  105. darwisnyakman said,

    saya yg bernama ini mauuu mencari obat penyakit asma yg murah dan mustajab

  106. fajri hilmus said,

    makasih banyak ya…
    semoga amal ibadah anda di terima di sisi allahSWT

  107. Nizar said,

    Nizar Kepingin Dibelikan Daging Kelinci soalnya Tidak Punya Duwit

  108. Desy_michyque said,

    merCy 4 inp0na… ney very b’mnfat 4 me.. Sahabat t’sayang cedan9 cakit asma tingkat berat . Mata ni tak kuasa menangis ktika dy kambuh..Aby yg cabar yaww..Allah pst give hikmah yg baek bwt aby..AMIEn

    ohy, bwt tmn2 q mo nmbhin susu kambing n apel jg bz ngobatin asma..OXEY cmWNa

  109. riyo said,

    insyaallah ………

  110. FUAD said,

    trima kasih moga iklan ini berguna dan aku bisa coba iklan ini untuk obati ibuku

  111. DicdokS said,

    trimakasih banyak atas infonya kebetulan lagi cari2 obat alternatif nih.

  112. I Nyoman Lian said,

    Terima kasih,saya seorang kakek yang sekarang sudah pensiun dari pekerjaan,tetapi belum pensiun dari penyakit asma, 50 th lebih saya berobat dari : medis,non medis atau apa saja ada yang kasih tahu saya lakoni, memang ada banyak yang bermanfaat untuk mengurangi (tidak kambuh dalam kurun waktu tertentu) tetapi belum ketemu yang menyembuhkan, karena saat menulis ini saya sedang menderita serangan yang cukup serius, gejalanya mulai terasa saat hari raya gara-gara dalam kecapekan minum air es,ditambah lagi dokter yang biasa nangani mudik apotik pada tutup cucu dan anak pulang kampung kemertuanya saya dirumah tinggal hanya bersama neneknya bisa anda bayangkan, Doa saya Semoga tidak ada pembaca yang seperti saya itu. Syukur Almdlh kemarin dulu bisa dapat apotik jaga untuk bisa beli : OXICAN,COMBIVENT & TUSAPRES, itulah yang membikin ada perbaikan disamping minyak gosok didada dan punggung, asma saya adalah asma gent beberapa penyebab alerginya sudah dijinakkan oleh pengobatan medis, tinggal alergi minum dingin saja yang masih sering mengganggu, kalau cuaca dingin sudah jinak. Kesimpulan saya asma adalah penyakit yang sukar disembuhkan tetapi bisa ditanggulangi prequensi kambuhnya dengan DISIPLIN : 1.Mengenali penyebabnya, 2.Disiplin menghindari penyebab tsb, 3.Selalu sedia obat yang sesuai (cocok) supaya begitu ada gejala langsung dapat diobati,

  113. joko trisno said,

    allhamdulillah… terimakasih atas infonya..karena saya baru tervonis gejala asma tadi malam… sangat ngeselin ketika asma kambuh ..sampe nungging2.. allhamdulillah sekali lagi.. saya senang banyak yang berbagi pengalaman tentang asma disini. trims semoga kebaikan anda2 semua mendapatkan pahala amiiin..

  114. prihmardoyo said,

    artikel yang bermanfaat karena mudah mencarinya. . . tetapi kalu ingin alternatif lain mengenai pengobatan asma/alergi . tanpa bermaksud promosi karena anak gadis saya telah menjalani terapi ini dan berhasil,maka saya kenalkan metode kedokteran alternatif dengan alat BICOM. . . silahkan lihat situsnya BIO E disitu akan anda lihat lengkap beserta lokasi kliniknya di Indonesia. tks

  115. hana said,

    trims atas infonya….anak sy lelaki usia 7th dah setahun ini menderita asma. kasihan sekali klu dah mengeluh dadanya sakit berarti dah susah untuk bernafas. penyebabnya debu…klu batuk susah diajak ke dokter krn malas minum obatnya yg pahit. jd biasanya sy belikan obat batuk sirup. tp suatu malam napasnya mengi keras sekali. paginya sy bw ke internist hasilnya anak sy terkena ASMA. apalagi musim kemarau begini….debu di mana2 jd batuknya nyambung terus…..
    moga2 dgn adanya info tsb sy bisa mencobanya dan anak sy dpt berkurang penderitaannya. maklum usia segini kan lg lincah2nya….susah dikasih taunya.

  116. kevin ananda said,

    bisa g ngobatin asma dngan minum air kendi???

  117. Erfan hadi said,

    Makasih bro infonya karena sangat bermanfaat banget buat orang2 terdekat saya yg saat ini telah menderita asma….klau dijakarta timur ada yg jual nggk yah …sate/sop kelinci,tln infonya kalu tau.

  118. Ninaa said,

    info tentang penyakit asma lebih lengkap lg donk

  119. nana said,

    makasi ya atas infonya…

  120. Mas Boenz said,

    Terima kasih Boss. semoga mendapat pahala dan bermanfaat…..
    ayah dan istriku terkena asma dan aku selalu berusaha sekuat tenaga untuk menyembuhkannya…kalau ada info lagi mohon di beritahu…dan saya akan sangat berterima kasih sekali untuk itu,

  121. munik said,

    makasih dan saya izin untuk simpan tulisan2 ini semoga bermafaat dan jadi ladang amal dunia akhirat..amiin,makasihh

  122. mudir said,

    trims infonya ya… Insya Allah akan aku ksih tau adik ku soga bner2 bermanfaat

  123. teguh susmanto said,

    Trim infonya…… saya udah lamaa pingin bebas dari asma, ternyata kelinci bisa jadi alternatif, ini artikel bagus, dan langsung saya coba

  124. lely said,

    makasih ya atas info nya
    insya allah akan saya coba ?????

  125. zoel said,

    bos thanks banget infonya,izin copy buat blog ya,biar lebih bermanfaat buat yang lain. semoga membawa kebaikan buat semuanya.

  126. adhy said,

    trima ksih atas informasinya………
    mdh”an dgn cr ini penyakit Asma dpt d smbuhkn….Amin

  127. Yatin Supri yadi (Bekasi) said,

    Salam Hangat,

    Sebelum dan sesudahnya saya sangat berterima kasih kepada yang membuat artikel ini, karena bagi saya terutama istri saya yg menderita penyakit ASMA artikel ini mudah2an bermanfaat. dan saya akan coba dari artikel ini.. Semoga Tuhan membalas degan kebaikan-NYA kepada yg mmbuat artikel ini.. Amin

    Dan boleh saya copy ya…??

    Thks
    Yatin S.

  128. firdaus said,

    incredible…..that’s the word that I can say 4 this….this is a very great invention in the medical field….hopefully this can be something useful 4 those who get asthma….4me my-self, it really means.thanx 4 sharing such article….

  129. adun said,

    selain tu apa lagi ya obat’na.??? soal’na klo kalong saya ga tega ngasih’na trz klo kelinci itu binatang yang paling dia suka jdi klo sampe dia tau itu kelinci pasti cwe saya gamau.???
    trz klo asma tu bisa menular ga ya..??????
    tlong bantuwan’na n masukan’na ya…?????

  130. Pitaloka said,

    Lewat blog ini aq baru tau manfaat kelinci untuk penderita asma… tapi sayang di Mataram kecil kemungkinan bisa mendapatkan Kelinci yg sudah dimasak.. Tapi tetep Thx y utk infonya… Aq copy ya…

  131. wira wijaya said,

    Thanks infonya ya, anak saya pemicu asmanya jika saat main atau sekolah teman tamannya batuk atau flu. Anak saya mudah sekali terkena / tertepa batuk, yang ujung ujungnya batuknya lama dan asma.

  132. cahya said,

    Wah, informasi’a menarik juga ya ! Bisa tambah pengalaman. Cozt, q juga punya sahabat. Namanya Dhani, dia sahabat sejati q dan dia juga punya penyakit asma semoga dia sembuh ! Thx !

  133. amarljadin said,

    trim.s infonya tapi bagaimana, kalau saran berenang atau uap air laut pagi hari.

  134. kadek said,

    Mohon infonya tempat sate kelinci di daerah bandung .terima kasih

  135. Maidir said,

    Anak saya sudah berumur 5,5 th, sampai saat ini masih sering kambuh asmanya. Biasanya bila batuk dan udara dingin, asmanya tiba-tiba muncul. Saya mohon pada pembaca agar memberikan saran atau petunjuk tentang obat yang mujarab untuk penyakit ini, terima kasih.

  136. pradika enggar said,

    makasih ya udh tuliskan slusinya gmna cara mncegah penyakit asma….thanks.

  137. sudiono said,

    saya megidap penyakit asma sejak umur kl 40 th mudah2an dengan resep ini penyakit yang derita bisa sembuh dan yang menulis artikel ini mendapatkan pahala amin.

  138. Luky Adiwirya said,

    kalo dimakassar dimana yah terdapat sate kelinci

  139. cashi said,

    thank bro atas infonya…saya mau coba buat obat anak saya, moga segala budi baiknya mendapat balasan amal yang setimpal dr Allah SWT. Amin

  140. agus aswandi said,

    bantuanny mas bro,, cara msak yang baik nya gimana nie?
    biar tetap terjaga hasiatnya?

  141. dani said,

    danging kelinci juga bisa tapi agak lama penyumbanhan ya bila di bandingkan danging paniki dari pada kelinci kalong cepet sembuh gak sesek lagi ada di ceribon ya agak mahal sekitar 1 porsi 15 ya agak sulit kalong danging kelawar makan buah dari pada danging kelinci oke lah ya

  142. panda said,

    mkch infonya,semoga bermanfaat bwt calon suamiq

    • jabon said,

      semoga bermanfaat juga untuk istrinya…

  143. arjuna said,

    Kbetulan sy ada pengalaman pribadi soal asma..istri sy adalah pengidap asma berat yang sudah dideritanya bertahun-tahun..setiap stress,udara dingin,kena polusi, debu, minum es..selalu sesak dan biasanya diiringi dengan bersin,yang pasti obat inhaeler selalu dipakainya..pengobatan demi pengobatan sudah dijalani dan hasilnya nihil..akhirnya Pada suatu hari kawan sy main kerumah, dan dia menawarkan produk kesehatan berupa kalung liontin yang berisi energi skalar..yang berkhasiat menyembuhkan penyakit asma..langsung sy membelinya dan sy pakaikan keistri sy dan dalam hitungan beberapa hari, istri sy mengalami perubahan yang drastis..kini penyakit asma nya berkurang jauh dan sekarang pemakaian inhaeler (obat semprot) hampir tidak dipakainya lg..Smoga tips sy ini bermanfaat buat anda-anda..untuk lebih jelasnya mengenai keampuhan liontin tsb,baiknya anda langsung konsul ketemen sy tsb..ini sy kasih nomernya : 021-33366396 atau 021-32417565..smoga berhasil ya !!!

  144. nadine said,

    anakku 5 thn, baru sj didiagnosa asma, trus diberi obat oleh dokter. nah yang jd pertanyaan: boleh ga kalau makan daging kalong lalu langsung minum obat dr dokter? Ada efek sampingnya ga?

  145. daniel said,

    mau tanya, ada yang tau ngak jual daging kalong di daerah bandung dan sekitarnya, mohon bantuannya kalau ada? anak sy berumur 5 thn, kena asma karena alergi debu dan dingin. biasanya kalau terserang asma dimulai dari flu, batuk. Untuk daging kelinci sy kurang paham cara masaknya. mohon bantuan para pembaca. terimaksih

  146. Meiza said,

    thx bgt infonya,, saya mengidap asma turunan sepertinya tdk akn bisa sembuh tp bisa dikurangi frekuensi kambuhnya… sya tinngal dikota kecil di ciamis jd rada sulit untuk mendapatkan daging kelinci..
    ada yg tw dmn yg jual daging kelinci di sekitarab ciamis-tasikmalaya???
    terima kasih

  147. RIRIS said,

    BAGAIMANA CARANYA MENYEMBUHKAN PENYAKIT ASAMA?
    KALAU KAMBU SAYA TIDAK BISA BERNAFAS.

  148. RIRIS said,

    BAGAIMANA CARA MENYEMBUHKA PENYAKIT ASMA?
    BAGAIMANA KALAU KAMBU ?

  149. RIRIS said,

    SAYA BACA DI INTERNET ADA OBAT ASMA BERUPA KALUNG LIONTIL BAGAIMANA KITA MENDAPATKANYA?
    DAN DIMANA TEMPATNYA UNTUK MEMEBELINYA?

  150. andy said,

    saya pingin cari jajanan daging kelinci katanya baik untuk asma.dimana saya bisa dapatkan tu untuk daerah bandung dan sekitarnya.ni buat orang yang gw syangi
    thx mohon bantuannya

  151. andy said,

    tolong bantuannya untuk mencari olahan daging kelinci yg katanya baik buat asma.untuk daerah bandung dan sekitarnya thx.ni buat orang yg gw sayangi

  152. eric said,

    thx bnget sob
    infrmsi anda dpt membantu saya untuk pengobatan adek dan tman saya
    mga skses slalu jha eea

  153. melur said,

    tks artikelnya , sangat membantu
    gw juga penderita asma, yang rutin pake inhaler, klo g bawa inhaler gw ga berani keluar pokoke inhaler jadi nyawa ke 2 buat gw, tapi itu dulu, skarang gw dah sehat, tnpa pengobatan dan makan yg macam2, apalagi gw kerja dan ga punya waktu banyak buat cari yg macem2. buat yang membutuhkan coba aja telp ke 021-33366396, biar lebih jelas y……..selamat mencoba…..

  154. masaus cahaya sore said,

    Trims atas Informasi yg q dpetin sekarang nie
    dan g’ lupa lagi q minta izin tuk copy paste mau q sebarin lewat facebookq pastinya
    Ga’ apa apa kan , agar kalau ada temen2 yg susah cari obat asma yg alami biar tau .
    skali lagi thanks Atas Ilmu pengetahuannya
    ^_^

  155. edwin said,

    gatur nuhun……
    aq coba ach makan sate kelinci… smga asma qu dapet smbuh total….. amien

  156. iyut said,

    Mkasih saranx…..so anak sya asmax kdg kambuhan….jd pengen nyoba resep dgg klinci aj dulu….trims byk

  157. iyut said,

    Anak q sukanya sate…mungkn dsate aj ya enakx…hhhmmmmm

  158. zulham said,

    mas matur nuhun info obat alminy,smg ats izin allah daging kelinci dpt mnyembuhkn asmah yg sy derita,amin skli lg thanks ya mas…

  159. sunari said,

    thank infonya, moga moga dapat membantu para penderita asma ini, dan jaga kesehatan utamakan jaga kebersihan …

  160. ahmad fuady said,

    cara mengolah daging kelinci donk kasih tau secara rinci…

    send to my mail oke

  161. Deden said,

    Memang penyakit ASMA ini bikin kita ga bebas melakukan kegiatan.mudah-mudahan dgn daging kelinci kita bisa smbuh total Amin….

  162. joby said,

    thx bgt infonya.. semoga info ini brmanfaat untuk qt smw… mohon izin y, artikel ini akan aku save…

  163. jabon said,

    setuju kalo pake daging kelinci aja untuk solusi obatnya, hukumnya jelas halal….

  164. Aniyah said,

    Trims ya infonya, utk obat anakku

  165. faiz said,

    gmn sich cara nyenbuhin hidung tersumbat,, dah ber bulan bulan tiap malem hidung q tersumbat terus

  166. SURYA said,

    Di keluarga saya ada pengalaman tersendiri dengan masalah sakit asma.
    tepatnya ibu saya, sakit asma menahun. saya beri beliau air berkadar oksigen tinggi, yang dikenal dengan AIR OXY
    Alhamdulillah, akhirnya beliau sembuh total, tidak kambuh lagi dan tidurnyapun sudah enak.
    http://www.tinyurl.com/abatsakitasma

  167. michael said,

    mas bagai mana cara mengolah daging kelinci sehingga tdk menghilangkan kadar kotitefin nya.. thanks sebelumya ya

  168. rohmad said,

    assalam, permisi pak sekedar berbagi info aja…
    jika ada yang membutuhkan daging kelinci insya allah kita juga siap supplai…

    semoga daging kelinci bisa menjadi alternatif konsumsi sumber protein hewani yang bermanfaat…

    http://www.facebook.com/pages/Sabeles-Store/141164345919714

  169. anto said,

    gimana nih testi nya yang dah pernah nyoba daging kelinci? terasakah kasiatnya untuk pengobatan asma…? terima kasih infonya

  170. chandra said,

    thankyou berat boss… artikelnya manthap banget, mudah – mudahan berguna buat anak gw…

  171. Alief Wheza Harsojo said,

    Teimakasih buat infonya… kira-kira yang jual daging kelinci ada dimana?

  172. arjuna said,

    buat melur mks ya. sy udah telp no yg anda berikan dan istri sy dah sembuh dr asmabuat yg laen coba aja

  173. Fatahillah said,

    Masya Allah…artikel yang bagus..hehehe..selama ini saya mengira obarnya kelelawar.Tidak disangka,ternyata kelinci,makasih banget.Akan sayaberitahukan pada orang-orang.

  174. bayu said,

    thx…info ny, tp sy mau tau cara memasak daging kelinci krn ini tuk anak sy umur 7 thn..tlng d balass y…krn ini penting banget buat putri sy…thx..y bro

  175. Greatponco said,

    Informasinya keren abis gan, terima kasih kebetulan saya penderita asma. Saya akan langsung coba gan….. Thanks berat gan. Tuhan memberkatimu

  176. cecep cianjur said,

    mas aku mau tanya. ada ga sate kelinci di daerah cianjur atou kelencinya terima kasih imfonya

  177. harry said,

    dera juragan….
    mohon ijin untuk copy paste artikelnya yah…

    salam
    King’s Rabbit- Makassar

  178. Jomblo Abadi said,

    Silakan kunjungi blog di wisnuvegetarianorganic.wordpress.com/

  179. fitri said,

    Terima kasih infonya…….kebetulan sy pny pegagan, nanti akan sy coba.. :)

  180. Abdul Aziz said,

    Horeeeeeeeeeeeee,,,,,,,,,,,,,

  181. dadan romansyah said,

    thanks ya…
    mda2an onykit asma gw bsa cpt smbh…
    amien…

  182. dyana said,

    makasi atas infonya y
    ne sungguh bermanfaat

  183. agen obat gamat said,

    makasih gan..artikelnya sangat bermanfaat. salam kenal dari poso sul-teng kota tragedi.

  184. arjuna said,

    belinya dimanayah (daerah Jak-Bar)………..

  185. Amin Sumindar, S.Pd said,

    I like it, terimakasih sobat artikelmu sangat bermanfaat buat aku dan menjadi peluang bisnis didaerahku. Semoga Allah SWT merahmati kita sekalian. Amin.

  186. elin said,

    Kalong/ kelelawar dan kelinci banyak dijual di pasar burung Daerah pramuka. ( persisnya di belakang pasar jaya pramuka )

  187. Hasbuni said,

    betul ga nich….

  188. yudha bagus herlambang said,

    mkasi y ats info’a…………
    ne brarti bget buat cew yg aku syg…………………………….

    skali lg thanks…………………….

  189. endro batam said,

    tank banget atas solusina mudah2an aq cocok

  190. amir lombok said,

    makasi.. itung2 tuk bantu orng…. moga brmanfaat…..

  191. ticha lampung said,

    semoga bener2 bisa menyembuhkan penyakit asma ini . .
    amiiiin

  192. syaiful rachman said,

    mksh ats info ny……..ini akan brguna bgi pnyembuhan ……

  193. masta said,

    pagi mas, salam kenal for all by firoh

  194. wisnu eko said,

    untuk penyembuhan astma , makan daging kelinci secara rutin berapa hari sekali ? thx..

  195. alex said,

    thx ychh buaat infonyaa…gw akan cobaa daging kelincinyaaa….

  196. Sentel said,

    Boleh nanya gk abang” sekalian, klo harga obat Agonis reseptor beta-adrenergik itu harganya brp ea ?
    saya anak umur 14 tahun, dan saya terkena asma udh banyak banget obat yang saya coba tapi gk berpengaruh terlalu besar.
    trus klo Agonis reseptor beta-adrenergik bisa di beli di apotek tanpa resep dokter gk ya ??
    1 lagi saya mau nanya nih, ada gk obat yang tokcer banget buat ngobatin asma saya ? mau berbentuk hewan, herbal, ato apa kek isyaallah bakalan saya minum yg penting itu obat halal.

    Thx bgt buat yg buat ni artikel.
    Nice Info

  197. widi puspo said,

    widi berkata:

  198. widi puspo said,

    thank kyu infonya…semoga bisa membantu kebetulan di tempatku banyak yang memelihara kelinci…sebetulnya daging kelinci untuk pengobatan atau pencegahan sih.. btw kalo ada info lain khususnya obat asma baik yg herbal atau lainya tolong infonya ya… alamatku:
    sb57618@bataindonesia.com

    • ian said,

      kalo boleh tau tempatnya dimana?

  199. johan said,

    makasih atas infona. Smga brmanfaat tu, klincinya.
    Untk semua penderita asma.
    Trutama buat kakak ku, skrang ini mengalami penderta penyakit asma semoga cepat sembuh. Amien ya robal alamin.

  200. ian said,

    makasih buat infonya, sangat berguna sekali buat penyembuhan asma istriku.

  201. Arif said,

    saya punya penyakit asma sudah 8 tahun ada kah obat yg bagus?dulu saya sudah pernah makan kalong.

  202. Arif said,

    saya memakai obat TEOSAL

  203. Abu Ali F said,

    AssLmkum wr wbr. Trimakasih buat informasinya, mudah2an bisa menyembuhkan penyakit sahabat saya…..

  204. wahyu said,

    makasi kawan , ni aq jg penderita asma jg .

  205. Djarot said,

    Thanks buat infonya,
    Btw kalo yg jual sate kelinci di daerah Jaksel ada yg tau ngk?
    buat temen nih lagi parah asmanya….

  206. ENDANG said,

    Thanks atas infonya mudah2an bermanfaat untuk kesembuhan anak saya.

  207. Santoso sugeng said,

    kalong atau bangamat istilah org palangka raya menyebutnya banyak djual di kota praya terutama pada musim buah hutan antara desember hingga maret hanya 20 ribu per ekor tetapi disini masih sulit utk mendapatkan daging kelinci .. demikian sekilas info

  208. iwan said,

    Susah jg menghilangkan sesak napas tapi ada satu cara pengobatan dengan sate kelinci dan kelelawar ini juga mau di coba mujarab tidak apa hanya mitos saja ok terima kasih infonya .

  209. encep nurdin said,

    Trimakasih nih informasinya sangat membantu udah lama saya cari informasi obat asma karena istri dan 2 anak saya asma kalau ada obat asma yg lebih ampuh sy tunggu informasinya trims.

  210. Titi said,

    thanks bgt ya infonya…semoga adek ku mo ikutin saran ni,biar dy juga cpt smbuh….amin…

  211. reffy said,

    Yes dipercaya begitu sih..
    Namun pengalaman aku, buat anakku yg saat ini usianya 6 th, sejak usia 1 th mengidap asma berat sampai pernah 3 kali kritis. Saya eliin daging kalong 1 ekor dimasak soup untuk beberapa kali konsumsi, saat ini asmanya tidak pernah kambuh seperti sebelumnya. Paling kalau sesak hanya sedikit karena batuik berdahak, bukan seperti suara kucing dang pucat kurang oksigen.
    Binatang kalong bisa diesang, dari sukabumi banyak populasinya.
    Silahkan mencoba.

  212. kerajinannusantara said,

    mujarab, tapi regane sate larang, arep ngolah dewe ga tega menyembelih hick….

  213. wisnu guna said,

    kalau daging sate kelinci na setengah matang , bagaimana ??

  214. wisnu guna said,

    tolong kasih penjelasan , apakah daging kelinci bwt pencegahan atau penyembuhan ?? N berapa kali dlam seminggu harus makan daging kelinci ??? Tlng ksh kealamat .. Guna_082108@yahoo.com

    • dwi said,

      coba madu pramuka yg bee polen dapat dibeli dipintu keluar tol cibubur

  215. milki sidik said,

    thanks ya buat infonya smga bisa menyembuhkan penyakit yang di derita orng yang kusayangi …….

  216. moza said,

    mksih z,,,ts artikele,,, q gi btuh bnget ne. cz kakek q dh diobtn kmna2 tp lm sembuh jg,,,

  217. uun sari hariyono said,

    alhmdulillah.. ini semua. akan saya coba. karna saya juga mengidap penyakit asma. bikin kepikiran terus kalau malam. deg degan juga kalau malam. saya akan mencobanya. mohon doanya semua. trims.

  218. yuni said,

    terima kasih ya atas infox, kbetulan saya butuh bget info ini. oh iya selain kalong n kelinci ad lgi gak obat penyakit asma? saya denger2 katax daun kemangi jga bsa ngobatin asma. Apakah itu bener? tolong infox ya…..

    • rico said,

      ada gk ramuan daun2an bwt penyembuhan penyakit asma boz.
      mohon kasih tau. trims

  219. saragih alin said,

    gw g terlalu yakin bgt bakalan sembuh dengan obat atw dst… sebab astma sendiri sembuh krn daya tahan tubuh orang tersebut dia sama sistemnya seperti grafik fenomena gunung… saat kecil terjadi astma dewasa sembuh dan setelah tua dia akan kambuh lagi….so banyak DOA azah…mujizat terjadi.Amien

  220. Kitis Ika Winahyu said,

    bagaimana kalau asma pada anak 2 apakah masih bisa di sembuhkan tks

  221. mars64 said,

    saya sudah 17 tahun mengalami penyakit asma, benar-benar dunia terasa kiamat dan seperti dihimpit balok besar kalo lagi sesak nafas. tidak ada dokter yang bilang asma dapat sembuh, terkadang penyebabnya juga gak jelas tiba-tiba kambuh deh. kalau telat minum obat wah gawat bisa tambah parah. makanya saya selalu sedia “ventolin inhaler” sejak gunain obat ini saya aga jarang bolak-balik ke dokter, kecuali kalau gejalanya semakin berat. dan untungnya dokter saya baik , dulu sih hampir 2 x seminggu, kalau obat habis balik lagi. tapi setelah pake ventolin enhaler jarang ke dokter tuh. resep yang biasa dikasih dokter saya: obat batuh OBH dari apotik, ambroxol , salbutamol 2 mg. Untuk keadaan darurat ya itu pake ventolin tadi.

  222. jaka said,

    gimana ya cara ngobatin asma buat anak umur 2 tahun,yg belum bsa makan nasi??

    • yuni lestari said,

      saya pernah membaca di salah satu majalah kesehatan, hati onta juga bisa digunakan untuk obat asma, mungkin mekanisme kerjanya ya seperti daging kelinci….

    • Jay said,

      Mas Jaka bisa hubungi saya.Maaf saya tidak bisa ceritakan produknya disini. Karena alasan etika. trims

  223. wawan gunawan said,

    trimakasih atas impormasinya

  224. indra said,

    trima kasih ilmunya,

  225. indra said,

    mkasih invonya

  226. moko said,

    Saya menderita Asma smenjak kecil,tiap bulan pasti rutin k Dokter mpe 3-4 x,,brbagai cra sdh d tmpuh,,hingga akhirnya teman bokap berkunjung kerumah membawa Hati Kalong,dan اَلْحَمْدُلِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْ sampai sekarang sudah punya anak 2 nggak pernah kambuh sejak kelas 5SD stelah makan Hati Kalong…. Bahkan sya perokok berat sejak kls 3 SMP smpai skrg… Nyata!!! Buat Penderita Diabetes Bisa d obati dgn daging Tupai…. Kisah Nyata juga,ayah Saya penderita diabetes kronis,awalnya I‎​Ъќ ṁ̭ǎǚ makan secara orang ў‎aήƍ bkerja d kesehatan tp stelah tahu khasiatnya,اَلْحَمْدُلِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْ stiap cek kadar gula pasti negatif

  227. sirly utama said,

    trimakasih banyak………info ini sangat berguna, karena saya sangat menderita akibat asma saya kambuh lagi setelah 4 tahun tidak pernah kambuh lagi. trims

  228. ixal said,

    q sakit asma,ktanya sih udah bawa’an dari kakek dlu,
    pgen bgt nyebuhinya,bgung tiap minggu harus k0ntr0l dan ngepil,b0sen rasanya..

    Saya pgen tw knapa penykt asma bisa trun temurun ampe anak cucu..
    Apa ada zang g beres dgan organ tbuh si kakek sampe2 ktrnanya jg kna,,
    tlg pnjelasanya bang,

  229. obat asma gurah said,

    Wah asyik, selain lezat ternyata daging kelinci juga berkhasiat :)
    Sebagai Alternatif lain mengatasi Asma secara herbal yaitu dengan gurah. Kapsul Gurah, metode gurah yang tidak menimbulkan rasa sakit, insy lebih aman.

  230. andi said,

    waktu kecil saya juga asma. saya ingat suatu malam saya di kasih beberap tusuk sate kalong..Alhamdulillah sampai sekarang umur 37th blm pernah asma lagi…

    Sekarang anak saya yg berumur 8th yg asma, hanjakal kalong sekarang sudah sulit mendapatkannya…

  231. Sardiyok said,

    Q kan coba saran ini,
    tenk,saranya

  232. Dwi apry said,

    Sy mw tny?berapa lama hrz rutin makan daging kelinci,trz anak saya msh 2 tahun?trim’s

    • Amay said,

      daging kelinci rasanya seperti daging ayam…kalau saya berpendapat sich tiap hari aja konsumsinya.

  233. Amay said,

    Apa bener daging kelinci untuk terapi asma? kalau bener kira2 dimana saya mendapatkannya terutama satenya (sate daging keleinci)

  234. bambang susanto said,

    oke.thx

  235. ilham ariyanto said,

    siapa yang mau berminat memelihara kelinci disini jual tolong sms ke087835263873

  236. Ani said,

    thks bgt atas informasinya….. sangat berguna buat penderita asma,,,,

  237. mubarok2002ym said,

    mantab gan infonya ,,, ! bagaimana kalo kelincinya dimasak sate dan berbumbu …?

  238. ulin said,

    Anak q juga asma, q sedih bgt, saya mw kasih info kalau mw mengkonsumsi daging kalong, hati kalong, atw klw buat ank kecil ada juga abon kalong beli aja di sini 0812-84441610 / 021 92470362 saya juga sering order di sini. Thanks

  239. Agus A. said,

    Artikelnya muantaaap, tolong infonya yang alamat penjual SATE / MASAKAN KELINICI Jakarta Pusat dan sekitarnya dimana yaaa ? terima kasih gusaf2000@gmail.com

  240. bius motor said,

    Ini info dari th 2007 kok reply nya isinya makasih2 infonya aja…masa dah 6 tahun ngga ada yg kasi testi sembuh…bener ngga nih? Saya sebagai penderita asama jadi ragu2 mau nyoba

  241. mazz rizki sandhikaa said,

    adik saya terkena penyakit asma,,,kasihan bgt lihat nya…tks ya artikelnya,,,mudah2an manjur

  242. desi said,

    saya dr dulu tidak pernah mengaami sesak.ttapi sudah hampir 1thn saya sesak/asma.dl saya prnah rotgn kata doktrnya msi gjala.singkat crta saya malah trkena asma bukan gjala lg,saya sudah mengkonsumsi obat2 dokter bisa dibilang “ktergantungan”.mulai dr salbutamol,teosal,obat2 herbal spt hambatusaudah(jintan hitam),diuap/oksigen sudah saya coba’tapi hsilnya nihil.saya pusing danjenuh.adakah yg bisa bntu saya untk memberi obat paling ampuh?apa bnar kalong/klinci bisa menyembuhkan?jika sudah terbukti,dimana bisa saya dapatkan,sampai kpan mengkonsumsinya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: