Undur-undur bisa menjadi obat?

April 17, 2007 at 8:06 am (Rahasia Alam)

Kembali kereta yang membawaku ke Jogja membawa ‘cerita rakyat’. Kali ini cerita tetang undur-undur. Seorang Bapak berumur 60-an yang mengaku istrinya 4 dan duduk diseberangku itu menceritakan khasiat obat yang berasal dari undur-undur, menanggapi keluhan seorang ibu-ibu terhadap penyakit stroke suaminya.
Selain stroke, khasiat lainnya sebagai pereda diabetes dan ngilu tulang.

Dulu, saya memang pernah mendengar bahwa para sinshe cina menggunakan undur-undur juga. Dan harganyapun terbilang cukup mahal. Namun sampai sekarang aku belum pernah mendengar bhw undur-undur ini sudah pernah di uji.
Jadi khasiatnya seperti halnya berbagai obat alternatif lainnya, diserahkan sepenuhnya kepada pembaca.

Bukan…bukan undur-undur laut, tapi yang aku maksudkan adalah yg hidup didarat.
Kalau bisa saya upload, para pembaca akan melihat gambarnya.

Apakah undur-undur ?

Di pedesaan jawa, undur-undur banyak ditemui disekitar rumah yang halamannya berpasir. Rumah atau lebih tepat disebut sebagai perangkap (seperti laba-laba) terlihat seperti lingkaran atau lubang di pasir. Serangga atau semut yang melaluinya akan terjebak dalam lubang pasir tersebut sehingga tidak dapat naik. Makanan undur-undur adalah serangga kecil.

Menurut Kawruh Boso Jowo karangan Daryanto, Undur-undur merupakan ‘anak’ Kinjeng Dom atau Capung jarum. Capung Jarum merupakan capung kecil yang mirip jarum.
Apakah benar sebutan ‘anak’ pada undur-undur?
Ataukah Undur-undur sebenarnya merupakan salah satu fase dalam metamophosis sempurna dari serangga atau insecta atau heksapoda?

Mengenal Serangga/Heksapoda

Heksapoda dari kata latin heksa berarti 6 (enam) dan kata podos berarti kaki, jadi dpt diartikan hewan berkaki enam. Insek sangat lebar variasinya, sifat dan kebiasaanya. Diperkirakan jumlah insecta lebih dari 900.000 jenis yang terbagi dalam 25 ordo.

Tubuh insek dapat dibedakan dengan jelas antara kepala, dada dan perut.

1. Kepala mencakup:
Satu pasang mata facet (majemuk), mata tunggal (ocellus), dan satu pasang antena sebagai alat peraba.
Alat mulut yang disesuaikan untuk mengunyah, menghisap, menjilat dan menggigit. Bagian mulut ini terdiri atas rahang belakang (mandibula), rahang depan (maksila), dan bibir atas (labrum) serta bibir bawah (labium)

2. Dada (thorax) terdiri atas tiga ruas yaitu prothorax,mesothorax dan metathorax.
Pada masing-masing ruas terdapat sepasang kaki. Kaki insek memiliki banyak variasi bentuk sesuai dengan fungsinya yakni:
a. kaki untuk menggali (anjing tanah)
b. kaki untuk meloncat (belalang)
c. kaki untuk berenang (kumbang air)
d. kaki untuk pengumpul serbuk sari
e. kaki untuk berjalan (kumbang tanah)
f. kaki untuk memegang (belalang sembah)
Pada setiap mesotoraks dan metatoraks terdapat dua pasang sayap, tetapi ada pula yang tidak memiliki sayap.

3. Perut (abdomen) memiliki 11 ruas atau beberapa ruas saja. Pada insek betina (belalang misalnya), bagian belakang perut terdapat ovipositor yang berfungsi untuk meletakkan telurnya.

Beberapa pengetahuan ain yang perlu diketahui:
Alat pencernaan terdiri atas: mulut, kerongkongan, tembolok, lambung, usus, rektum dan anus.
Sistem saraf tangga tali.
Sistem pernafasan dengan sistem trakhea
Sistem peredaran darah terbuka.
Alat kelamin terpisah (jantan dan betina), pembuahan internal.
Tempat hidup di air tawar dan darat.
Umumnya serangga mengalami perubahan bentuk (metamorfosis) dari telur

Klasifikasi Insecta
Serangga dalam perkembangannya mengalami proses metamorfosis. Metamorfosis adalah perubahan bentuk serangga mulai dari telur sampai dewasa. Adapula serangga yang selama hidupnya tidak pernah mengalami metamorfosis, misal kutu buku (Episma saccharina). Berdasarkan metamorfisnya, serangga dibedakan atas dua kelompok, yaitu: Hemimetabola dan Holometabola.

Hemimetabola
Hemimetabola yaitu serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Dalam daur hidupnya Hemimetabola serangga mengalami tahapan perkembangan sebagai berikut:
a. Telur
b. Nimfa, ialah serangga muda yang mempunyai sifat dan bentuk sama dengan dewasanya. Dalam fase ini serangga muda mengalami pergantian kulit.
c. Imago (dewasa), ialah fase yang ditandai telah berkembangnya semua organ tubuh dengan baik, termasuk alat perkembangbiakan serta sayapnya.

Kelompok Holometabola
Holometabola merupakan serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Tahapan dari daur serangga yang mengalami metamorfosis sempurna adalah telur – larva – pupa – imago. Larva adalah hewan muda yang bentuk dan sifatnya berbeda dengan dewasa. Pupa adalah kepompong dimana pada saat itu serangga tidak melakukan kegiatan, pada saat itu pula terjadi penyempurnaan dan pembentukan organ. Imago adalah fase dewasa atau fase perkembangbiakan.

Berdasarkan ciri sayap dan alat mulutnya, kelompok Holometabola ini meliputi 6 ordo, yaitu ordo:
1. Neuroptera
2. Lepidoptera
3. Diptera
4. Coleoptera
5. Siphonoptera
6. Hymenoptera

Nah undur-undur merupakan ….
Ordo Neuroptera (serangga bersayap jala)
Ciri serangga ini adalah mulut menggigit, dan mempunyai dua pasang sayap yang urat-uratnya berbentuk seperti jala.
Contoh: undur-undur– metamorfosis sempurna (siklus hidupnya: telur, larva, pupa (kepompong), imago)

Jadi undur-undur merupakan larva dari suatu fase dalam metamorfosis sempurna serangga.

166 Komentar

  1. Didiet said,

    Terus cara pengobatan dengan undur-undurnya piye? Direbus ….digoreng….atau langsung ditelan hidup-hidup?

    • P.Hari said,

      Selamat malam semuanya saya P.hari dari magetan
      jawa timur dan saya sangat ingin Bekerjasama jual beli undur-undur saya sudah lama Jual belI undur-undur saya memberikan paket undur-undur yang sangat murah
      Paket 150 ekor + 25 Kapsul = Rp 100.000,-
      Paket 300 ekor + 25 Kapsul = Rp 150.000,-
      Paket 500 ekor + 25 Kapsul = Rp 350.000,-
      Paket 750 ekor + 25 Kapsul = Rp 400.000,-
      READY STOCK !!!!!

      terima kasih sebelumnya anda dapat kunjungi
      di website saya di http://www.berkahundur2.cz.cc
      8066381

      • agung martono said,

        p. hari gimana cara aku pesan undur2 aku ingin paket 100 rb

  2. azrakeisha said,

    mas iwank…..ini mau belajar biologi ato belajar pengobatan tradisional

  3. iwang said,

    Dalam pengobatan china, undur-undur dikemas dalam kapsul dan biasanya dicampur bahan-bahan lain. Wujud undur-undur dalam kapsul itu umumnya masih utuh. Ning ya jelas dalam kondisi mati.
    Kalau di Indonesia ada yg juga diwadahi kapsul, mungkin agar nggak klenger liat serangga. Tapi menurut si Bapak yang di kereta, lebih baik di gunakan dalam kondisi mentah. “Lha wong cilik, bisa ditelan pake pisang”, begitu sabda beliau.

  4. iwang said,

    Bos Azrakeisha,
    Tadinya aku pengin tahu tentang “pengobatan rakyat” itu, tapi gimana lagi jadi bingun dewe. Terpaksa menelusur, coba-coba jadi ahli biologi gadungan.

    Tinggal nunggu protes dari ahli biologi dan ahli pengobatan tradisional yang aseli.
    :-))

  5. Frans Hartanto said,

    Yang saya tahu, undur undur dimakan hidup hidup masukkan kedalam kapsul dan yang perlu diperhatikan katanya jumlahnya ndak boleh genap, jadi mesti ganjil.
    Teman saya ayahnya kencing manis, sampai luka tidak bisa sembuh, makan undur undur tiap hari, sekarang terbukti sembuh. Sekarang saya ikiut-ikutan makan. Tapi baru sehari, he he

  6. Daf said,

    Nah, pengalaman seperti temennya Mas Frans begitu itu bisa menambah wawasan kita. Saya juga pernah baca dimana gitu, katanya lebih efektif dimakan secara rutin sedikit sedikit.

    salam sehat buat semua aja ya…

  7. amrillatif said,

    Saya pengidap diabetes dengan kadar gula darah sudah mencapai angka 448 mg/dl . Alhamdulillah setelah saya hatam dengan 3 ekor undur-undur hidup yang ditelan langsung pagi dan sore ditambah dengan bawang putih tunggal 2 siung pagi, 2 siung siang dan 2 siung sore saat ini pegal-pegal di betis dan saraf-saraf tubuh sudah menunjukkan kesembuhan dan gula darah juga sudah normal. Untuk itu kepada teman-teman yang mengidap diabetes dapat memanfaatkan cara yang saya gunakan di atas. Trim’s

    • Vivi said,

      Maap kalo blh sya tau Dimana bisa mendapatkan undur undur hidupnya? Ibu ku juga diabetes bertahun2 tapi tak kunjung sembuh😦😦😦 trim,s sebelumnya

      • ahmadmuqoy said,

        Bagi yang membutuhkan undur-undur hidup silahkan sms/wa 082220833479

  8. rania said,

    ayah saya mengidap diabetes sejak tiga-empat tahun lalu. sekarang lg pesen undur-undur ke temannya. doain sembuh ya….insyaallah kasih laporan perkembangannya.

  9. hans said,

    tahun lalu,saya pernah lihat tayangan TV tentang undur-undur. undur-undur ini berguna sebagai pengobatan penyakit diabetes dan harus dimakan hidup-hidup. tapi masalahnya adalah dimana kita bisa menemukan undur-undur di Jakarta ?

    • ahmadmuqoy said,

      Pak hans, Kami memiliki undur-undur hidup siap kirim, silahkan sms/wa 082220833479

  10. nei said,

    kalo saya ga salah, kalo sudah terkena diabetes harus selalu dijaga pola makannya. Jadi meskipun setelah mengkonsumsi undur-undur kadar gula darah jadi normal, harus tetep melakukan diet/ pemilahan makanan, supaya gak kambuh lagi, jadi nggak lantas berhenti melakukan pengobatan gitu, karena “kenormalan” kadar gula itu bisa jadi cuma sementara…

  11. hilmi said,

    Ibuku juga mengkonsumsi undur-undur sekarang, tapi masih belum ada perubahan yang besar,tapi kadar gula darahnya turun.Yang buat aku repot adalah menyembuhkan LUKANYA yang masih belum kering,meskipun rutin minum undur-undur.
    Mungkin ada yang tahu obat alternatif lain untuk mempercepat penyembuhan luka….
    (Aku kira undur-undur itu efektif menurunkan gula darah tapi tidak dengan lukamya). Thanks………

    • dance said,

      menurut pengalaman teman saya, ayahnya pernah punya luka luar lalu diobati dengan daging pohon lidah buaya ditumbuk lalu ditempel ke lukanya disekeliling luka ditaburi kapur sirih agar tidak melebar lukanya. rutin dipakai setiap hari.
      insya allah luka bisa mengecil dan sembuh.

    • Hasan said,

      jengkol disangrai dibuat seperti bubuk kopi. kemudian dicampu minyak kelapa hijau asli. oleskan pada yang luka mudah mudahan cepet kering

    • hans said,

      pakai chitosan hubungi saya 081332910083..hans

    • ibnu amin said,

      ya saya ada obat tapi dari MNI …propolis.hub,085288666191

  12. Dedi.Sumaryadai said,

    Undur-undur bagus lho kalau menurut saya mah,
    Karena saya juga kena diabetes, sekarang sedang teraphi makan-undur.

    • hero said,

      mas, saya mau coba terapi udur2 juga tapi belinya dimana ya mas?

      • ahmadmuqoy said,

        Pak hero, Kami memiliki undur-undur hidup siap kirim, silahkan sms/wa 082220833479

  13. liana said,

    Dimana undur-undur bisa saya beli? soalnya suami saya kena diabet juga. Mumpung alami. Mau coba. mana tau cocok juga.

    • ahmadmuqoy said,

      Mbak liana, Kami memiliki undur-undur hidup siap kirim, silahkan sms/wa 082220833479

  14. AGUNG said,

    Kalau cuma undur-undur aja gue bisa carikan deh kali juga bisa gratis cuma ngirimnya itu yang repot rumah aku mungkin jauh dari rumah anda

  15. Alex said,

    Ada tetangga saya yang sembuh lukanya (padahal dia pengidap diabetes) dengan meminum air rebusan daun mindi

  16. nicks said,

    2 hari yang lalu aku dikirimin undur2 oleh saudaraku,jumlahnya banyak juga tapi yang matinya juga banyak,habisnya ngga tau dikasih makan apa.Tolong informasinya bagi yg ngerti makanannya,thanks GBU

    • miss said,

      makanannya semut.

  17. daf said,

    Undur-undur susah ditemukan di kota-kota besar karena habitat serangga sudah rusak. Jadi kalau cari undur-undur lebih gampang di pedesaan, dan arealnya kering berpasir.
    Meski demikian aku juga nggak pernah piara undur-undur (cuman nangkap thok habis itu dilepasin lagi). Kemungkinan besar kalau punya dalam jmlah besar utk persediaan atau dagangan bisa menyesuaikan dgn kehidupan alami undur-undur itu agar lebih tahan.

    Salam,

  18. hafizh said,

    buat nickc kata guru aku makanan undur-undur juga serangga( semut,lalat dll) kata orang yang mati bisa juga untuk obat , tiap hari aku sering mainan tuh binatang ! habis rumah temanku binatang gitu banyak sih maklum aku masih sekolah di SD jadi masih suka main gitu,buat yang butuh undur-undur bilang aja ntar aku kirimi binatangnya gratis kok kalau kantor post mau nggak ya ongkos kirim dibayar oleh yang nerima paket, habis aku butuh uang masih bisa minta ayah aku barangkali dengan gitu aku dapat pahala banyak dari Allah nih email aku : rha_agh@yahoo.co.id

  19. yankoepang said,

    sobat, coba simak tuturan media tentang si ‘goingbackwards’ ini uahhhh luar biasa. kandungan nutrisinya juga ternyata sudah diteliti oleh mahasiswa ugm, mengandung asam lemak omega 3. ditempatku limpah undur-undur, masih alami dan tidak kena polusi, maklum desa terpencil….kasiatnya berlipat-lipat kali ganda. berminat kirim kabar ke emailku, gratisss ndak pake harga-hargaan, asal lekas sembuh…
    salam jabat erat

    • hero said,

      pak, saya penderita diabetes dan ingin mencoba terapi udur2. tetapi saya tinggal di Manado. bgm ya pak? tq

  20. Candra said,

    Siapa yang bisa jawab ??? Hewan Undur-Undur perlu minum apa tidak ? …..

    • ahmadmuqoy said,

      Pak Candra, hewan undur-undur membuat lubang untuk menjebak mangsanya, dan jika ada serangga lain yang terperosok ke dalam lubang undur-undur misalnya semut, undur-undur akan menangkap dan menghisap cairan yang ada di tubuh semut,

  21. hafizh said,

    Teman-teman doain ya aku masuk smp favoritku besok kamis tgl 12 juli nih pengumuman sebagai balasan aku doakan semoga semua sehat dan nggak butuh undur-undur lagi …………..peace

  22. Winky said,

    Sepertinya menarik tapi saya masih membutuhkan info yg lebih lengkap ttg undur². Apa ada yg bisa memberi info yg lebih lengkap ?

  23. Purnomo said,

    menurut beritanya udur-undur bisa dipake buat ngobatin diabetes, meurut saya cara kerja undur-undur adalah dengan menaikan kadar insulin dalam tubuh dengan bantuan aam lemak omega 3.
    gimana u pada sependapat nggak ama gua.

  24. Purnomo said,

    sorry maksut gua asam lemak bukan aam lemak

  25. iwang said,

    Sebutan undur-undur seringkali ditujukan pada dua jenis binatang, yakni di laut dan di darat. Tulisan saya tersebut untuk undur-undur darat. Sedangkan undur-undur laut, yg seringkali dipakai juga untuk umpan mancing itu tidak termasuk dlm kategori yg sama.

    Menurut.penelitian mhs UGM, undur-undur laut lah (Emierita sp) yg mempunyai kandungan asam lemak omega 3 (EPA dan DHA) yang cukup tinggi. Selengkapnya lihat berita di http://www.republika.co.id/suplemen/cetak_detail.asp?mid=1&id=143907&kat_id=105&kat_id1=151&kat_id2=192

    Salam,

  26. rhea said,

    cuma mw tahu obat alternatif diabetes. soalnya ibu diabetes jg… kalo ada yg sdh membuktikan khasiat undur-undur, tolong kirim ke emailku ya…. rhea_becks@yahoo.com. thx…

  27. Rizal said,

    Saya juga punya orang tua yang mengidap Diabetes, Jantung, lever. Sebelum mengkonsumsi UNDUR-UNDUR badan sangat lemas sekali napasnya sesak. Setelah mengkonsumsi UNDUR-UNDUR dalam beberapa hari badannya segar kembali yang dulunya muka kelihatan pucat sekarang sudah kembali normal. Namun orang tua saya pernah minus Air ES badannya kembali lagi namun tidak separah yang dulu. Jadi saya sarankan kepada teman-teman kalau dapat hindari minum air es. Karena tidak ada gunanya lebih baik minum air hangat.

    Orang tua teman saya juga mengidap penyakit Diabetes. Kadar gulanya sudah mencapai 600 san lebih. Setiap minggu harus pergi ke Malaka (Malaysia). untuk disuntik insulin. Setelah mengkonsumsi UNDUR-UNDUR gula darahnya drastis turun sehingga thu dokter jadi bingung karena gula darahnya kembali normal.

    Ternyata UNDUR-UNDUR tidak hanya untuk Diabetes namun juga bisa untuk penyakit Malaria. Caranya Hari pertama makan 7 ekor, hari ke dua 5 ekor dan hari ketiga 3 ekor. setelah mengkonsumsi selama 3 hari penyakit malarianya tidak pernah kambuh lagi sampai 2 tahun lebih hingga sekarang. Sebelum mengkonsumsi UNDUR-UNDUR setiap tiga bulan pasti masuk rumah sakit.
    Mudah-mudahan ada manfaatnya.

    Rizal-Batam

  28. tri said,

    september 7, 2007 pada 10.27 pm

    suami saya juga terkena diabetes, coba-coba minum undur-undur. setelah seminggu turun dari 350 menjadi 300. sampai sekarang udah 2 minggu belum periksa lagi. insyaallah besak mau chek. doain ya semoga turun lagi dan akhirnya normal.

  29. fajar said,

    saya mau tanya, bagaimana cara mengembangbiakannya?dapatkah mereka bertelur, kan katanya anak capung?

  30. mia said,

    mas bisa ksih thu,kandungan heean ni pa ja..coz q lg mngadakn pnlitian ni..mkshya

  31. patrick said,

    Gua ada undur-undur hidup harganya 3000 seekor, tapi kalo beli banyak gua kurangin harganya.O…iya gua pernah denger cerita katanya tu hewan kalo dimasukin ke air gula, airnya jadi tawar lho.jadi silahkan coba bagi yang belum percaya khasiatnya.gak bahaya koq.

  32. rully said,

    undur asal usul dari hewan apa ato pembawa na apa?

    habitat na seperti apa?

    tolong d jawab

    atas perhatiannya terima kasih

  33. Dharmaja said,

    Saya baru kemarin sore 04 Oktober 2007 baca artikel Undur-undur di Majalah Flora dan langsung saya informasikan keseluruh kerabat, intinya adalah hewan ini di Tiongkok / China sudah ratusan tahun ditemukan sebagai obat diabetes militus dan sudah diteliti oleh Univ. Gajahmada. Cara makannya masukan 3~4 ekor undur-undur hidup kedalam kapsul kosong lalu ditelan, dosisnya pagi dan sore masing-masing 1 kapsul. Semasa kecil saya paling suka bermain-main / mancing ulik-ulik (bahasa Balinya undur-undur). Caranya gampang koq, ambil/cabut sehelai rambut kemudian akar rambut dimasukan kedalam kawah/kubangan rumah undur-undur sambil digetarkan/digerak-gerakan dan bila terasa ada yang narik, segera tarik dengan hentakan dan kita akan mendapatkan seekor undur-undur. Semoga bermanfaat.

  34. komarudin said,

    di rumah mbah ku ada banyak undur-undur karena rumahnya masih lantai tanah kalau ada yg minat bisa datang ke sini aja (kalau bisa akan saya budidayakan)he he he

  35. lijk said,

    sisilah undur2 itu gimana ya????

  36. rose said,

    Ok..lah, semoga pada cepat sembuh dengan undur-undurnya. Allah memberikan itu semua agar manusia beriman kepada NYA

  37. andi_cilacap said,

    woiiii ,apa bener undur-undur bisa nyembuhin sakit diabetes .soale bapaku kena tuh penyakit gula. memang undur-undur mengandung apa sih? tolong yah dikasih tau kandunganya

  38. Chung_cenk's said,

    salam kenal, saya anak biologi unpad. saya emang penasaran sama undur-undur yang kalian semua sebutin. Emang belum ada penelitian yang menyeluruh dan besar-besaran mengenai khasiat binatang tersebut, dan itu akan menjadi judul skripsi saya.
    beberapa yang saya tahu mengenai undur-undur, bahasa latinnya : Myrmeleon formicarius or lion ant dalam bahasa inggris, memang mereka termasuk kedalam serangga ordo neuroptera, familia myrmeleontidae. beberapa sumber (sumber kurang jelas!!) menyebutkan bahwa ia mengandung sulfonilurea, sulfonilurea memang merupakan agen antidiabetik yang dikembangkan para ahli sebagai obat diabetes.
    kalo masyarakat percaya dan terbukti sembuh dengan undur-undur ini memang sah-sah saja!!, tapi saya tegaskan BELUM ADA PENELTIAN TENTANG KHASIAT UNDUR-UNDUR

  39. Chung_cenk's said,

    salam kenal, saya anak biologi unpad. saya emang penasaran sama undur-undur yang kalian semua sebutin. Emang belum ada penelitian yang menyeluruh dan besar-besaran mengenai khasiat binatang tersebut, dan itu akan menjadi judul skripsi saya.
    beberapa yang saya tahu mengenai undur-undur, bahasa latinnya : Myrmeleon formicarius or lion ant dalam bahasa inggris, memang mereka termasuk kedalam serangga ordo neuroptera, familia myrmeleontidae. beberapa sumber (sumber kurang jelas!!) menyebutkan bahwa ia mengandung sulfonilurea, sulfonilurea memang merupakan agen antidiabetik yang dikembangkan para ahli sebagai obat diabetes.
    kalo masyarakat percaya dan terbukti sembuh dengan undur-undur ini memang sah-sah saja!!, tapi saya tegaskan BELUM ADA PENELTIAN TENTANG KHASIAT UNDUR-UNDUR secara utuh dan menyeluruh, misalnya penelitian dilakukan oleh berbagai bidang yang terkait di dalamnya (kedokteran, biologi, kimia, farmasi, dsb), serta belum ada survey kepada para pengguna undur-undur yaitu berapa persen orang yang sembuh dengan undur-undur?, berapa persen orang yang tidak sembuh dengan undur-undur?, maksunya adalah, ternyata penyakit bisa saja sembuh dengan sugesti!!, atau nama lainnya adalah “placebo”, seperti perlakukan kepada para penderita dengan diberi obat, tetapi sebenarnya obat(kapsul) itu ternyata KOSONG!!. Karena dampak psikologis juga bisa menyembuhkan penyakit (tidak akan saya terangkan, terkait dengan psikologi, fisiologi, neurologi, dsb).
    Mudah-mudahan penelitian saya berjalan lancar, dan sesuai harapan yaitu “undur-undur memang sebuah jawaban bagi penderita diabetes!!”, untuk itu saya perlu berbagi pengalaman dengan kalian semua, baik kepada orang yang pernah sembuh dengan undur-undur, yang tidak sembuh, para penjual, para pengepul undur-undur,dsb.
    kalo anda tertarik dengan yang saya bicarakan, khususnya mengenai penelitian saya, baik dari orang biologi, kimia, kedokteran, farmasi, kimia, dsb, bisa bergabung dengan penelitian saya dan jika memang benar “UNDUR-UNDUR BISA MENYEMBUHKAN PENYAKIT” mari kita patenkan undur-undur adalah sebuah OBAT DIABETES!!
    email : deehanz@yahoo.com or volvox_76@yahoo.com hp: 022- 92041053

    • Dian R. said,

      alow,,,sy Dian R ank FK UNSUD.gmn skrg pasti udh beres y penelitiannya?
      saya juga lagi nyari data2 dan jurnal2 yng mendukung bwt penelitian sy.sy jg mau teliti itu,,,saya blh minta no HP km ga?

    • andro said,

      ibu saya terkena stroke….,dan saya mencoba beriktiar untuk kesembuhan ibu dengan makan undur2…tapi ternyata untuk ibu sya tidak cocok karena ada reaksi yang tidak nyaman yaitu berupa pusing kepala hingga timbul vertigo berulang., setelah dihentikan mengkonsumsi undur undur vertigo nya tidak timbul kembali….

  40. hakim said,

    oke kita adakan penelitian tentang undur undur karna aku juga mahasiswa farmasi yang ingin menulis skripi tentang itu khususnya deehannz or chung chenk

  41. daf said,

    Sebenarnya banyak resep pengobatan tradisi asli Indonesia yg belum digali secara modern. Memang sekarang sudah mulai muncul obat herbal pabrikan, tapi sayangnya ada kecenderungan di anggap sebagai penemuan individu. Saya berharap bangsa Indonesia bisa terus menggali peninggalan leluhur dan bisa dipergunakan sebagai public patent.

    Sejauh ini kasiat pengobatan tradisi, hanya melalui pengamatan minim anggota masyarakat ataupun para penghusada. Aku rasa masih jauh dari cukup.
    Pengobatan modern ada kemungkinan gagal, tapi tdk menimbulkan sikap anti masyarakat. Sementara jika pengobatan tradisionil gagal, dampak sikap anti masyarakat jauh lebih besar. Respon tidak seimbang ini akan berhenti bila resep tradisional bisa di telaah secara modern.

    Tapi apakah bangsa ini mampu melakukan research beginian?

  42. MIRADINNY LITA N said,

    Dimana saya bisa beli undur-undur yang murah?kabari saya melalui email,untuk ibu saya sakit gula dan sangat butuh nih,tolong infonya yaaa

    • ahmadmuqoy said,

      Bu Miradinny Lita N, Kami memiliki undur-undur siap kirim, silahkan sms/wa 082220833479

  43. shelly said,

    perkenalkan saya mahasiswa biologi UNAIR,,
    sebenarnya saya juga tertarik dengan “Khasiat Undur-Undur untuk mengobati Diabetes” dimulai sejak beberapa waktu yang lalu ayah saya(beliau jg menderita peny,diabetes) mencoba meminum kapsul-kapsul yang didapat dari seorang tabib pengobatan tradisional. waktu itu masing-masing kapsul harganya 100rb (ada 3 kapsul).trus kapsul terakhir dibuka ternyata isinya undur-undur yang masih hidup…lalu setelah minum ayah saya merasakan manfaatnya..kadar gula beliau turun dari yang awalnya mencapai 400 turun normal hingga 170 (dibarengi dengan penerapan pola hidup sehat -menjaga pola makan dan olah raga teratur-)..saya jadi penasaran dengan kandungan yang ada di hewan undur-undur sendiri coz masih belum ada penelitian yang mengarah kesana, saya jadi ingin mengangkatnya dalam karya tulis saya untuk SEMBIO 2007(Seminar Biologi 2007) yang akan diadakan bulan desember….

    • Dian R. said,

      alow,,,,sy Dian R ank FK UNSUD.gmn skrg pasti udh beres y penelitiannya?
      saya juga lagi nyari data2 dan jurnal2 yng mendukung bwt penelitian sy.sy jg mau teliti itu,,,saya blh minta no HP km ga?

      • irleyzt said,

        hi….z irles nak farmasi poltekkes z ambil khasiat undur-undur jg tp literaturku msh kurang….
        boleh minta tolong w mw tau…sapa tw ada datax…
        ^-^

  44. sopiah said,

    saya ingin bertanya zat apa yang terkandung dalam undur-undur mengapa bisa mengobati berbagai penyakit tolong jawab terimakasih

  45. madi said,

    saya se-7 pd SEMBIO 2007 yg akan diadakan bulan ini dijadikan topik dan mendapat atensi yg serius, kenapa? klo memang undur2 ini benar2 bermanfaat, dan aman bagi kesehatan kita knapa tidk dibudidayakan? kt sering mendengar ttg suplemen2 yg ditawarkan lewat MLM yg asal produknya dari negara2 lain yg harganya begitu mahal, Sy jd kepikiran perlunya budidaya yg satu ini. Sy yakin, semua kalangan masyarakat bs merasakan manfaatnya, bg si orang BERDUIT? harga No Problem, bagi si MISKIN? bs cari sendiri dgn mudah terutama di pedesaan, bagi si PENGANGGUR?, bs untuk memberikan lapangan kerja, bahkan pernah kt dengar crita ttg pengobatan alternatif sembuh sakitnya hanya dengan 2 kapsul, gak tahunya kapsul tsb isinya 3 undur2 doang, pdhl harga 2 kapsul dua ratus ribu. weleh-weleh-weleh…

  46. Andhi said,

    Apa bisa beri tahu ada di mana letak tempat kandungan penyembuh pada undur-undur ?

  47. iwan67 said,

    aku juga pernah lihat tetangga aku sampe batuk-batuk darah gitu, terus dia nelen undur-undur yang sudah dimasukan kapsul kosong, alhamdulilah sampa sekarang tetangga aku sehat walafiat dan bila dia tidak minum itu maka penyakitnya kambuh, memang obat jawa lebih ampuh gitu lhooo, aku juga pengen nyoba tapi alhamdulilah aku tidak punya penyakit. jangan sampe deh kita sakit ada pepatah bilang sakit itu mahal harganya. oceh…….?

  48. Achyar Najib said,

    Pak, Undur-undur itu mengandung insulin. Bapak saya sembuh dari diabetes setelah rutin menelan 3 ekor pagi sore yang dimasukkan ke kapsul kosong. Beli kapsul kosong di apotek dan cari undur-undur biasanya di daerah yang agak kering berpasir, biasanya di makam. Terus di rumah kita buat rumahnya yaitu nampan diberi media pasir kering dan kita taruh saja undur-undurnya di situ. nanti dia akan membentuk rumahnya yang cekung…hal ini perlu agar undur-undur tetap hidup saat kita mau menelannya. ambil hidup-hidup dan masukkan ke kapsul langsung telan.
    untuk memberi makan kita taruh semut hitam saja di pasir itu. bila semut terperosok ke rumah undur-undur maka segera disergap dan dimakan oleh undur-undurnya.

  49. anna said,

    hei semua, nenek saya menghadapi diabetes, dah lama gak sembuh2. sekarang dia makan undur undur 2 ekor sekali makan dalam kapsul. tapi dia makin parah sakitnya hingga bibirnya sariawan dan luka2. apakah penyebabnya? plizz jawab pertanyaan saya!

  50. anna said,

    kenapa gak ada yg jawak pertanyaan saya? sore tadi saya dapat khabar sdih dari kampung…..katanya nenek saya telah meninggal dunia, perihnya hari saya mengingatinya…sungguh gak dpt ku lupakan peristiwa ini, saya tiada disampingnya waktu dia pergi. oleh karena itu saya ingin menanyakan, apakah salah memakan undur2 genap? soalnya saya baca kommentar di atas yg katanya undur2 harus makan ganjil2. mungkin juga nenek sya parah sebab makan undur2, tapi itu dah kehendak Allah. ku hanya ingin tau saja.

  51. daf said,

    Saya turut bersedih. Sejauh ini belum ada penjelasan ilmiah berapa dosis undur-undur yg dimakan dan belum ada juga bukti empiris bahwa memakan dalam jumlah ganjil dan genap secara significant dapat mempengaruhi proses penyembuhan.
    Sedari awal kita menyadari bahwa pengobatan dengan undur-undur ini termasuk kasanah pengobatan tradisional karena minimnya literatur dari scientist.

    Pengalaman2 yg diceritakan pun bisa bias karena tidak sesuai dgn metode sampling penelitian. Kita hanya bisa mendasarkan diri kepada dugaan bahwa undur-undur ini memberikan efek positif yg menyembuhkan bagi para penderita.
    Tentang seberapa besar efek positifnya tidak diketahui mengingat banyak faktor yg tidak terukur disaat bersamaan, misalnya berat-ringannya penyakit, ketahanan penderita, faktor psikologis dan lain-lain termasuk penelitian mendalam terhadap undur-undur itu sendiri.

    Karena itu pengalaman2 yang dituliskan secara lengkap seperti di blog ini akan membantu memberikan jawaban bagi para penderita di masa mendatang, dan juga mampu mendorong para scientis kita untuk mengembangkan penelitiannya ttg undur-undur dan diabetes.

    Semoga bangsa kita ini mampu menjawab tantangan ini sehingga kelak kehidupan umat manusia dapat lebih bahagia.

  52. Faiz said,

    ada yang tau tentang mekanisme pengobatan ini secara kimia g??
    atau ada yang punya pustaka yg jelas tentang khasiat undur undur ini..
    klo ada yg tau…
    email aku di faiz_izzy@yahoo.com

  53. Faiz said,

    buat chung_cenk n shelly..

    aku jg mw research ttg undur2, apakah kita bisa tuker pendapat or tuker pustaka juga boleh..

  54. Faiz said,

    email aku di faiz_izzy@yahoo.com

  55. Faizun said,

    Ternaknya gampang, sediakan medianya dulu habis itu , ada pakan ya loh, dan pemberian pakanya bikin kita asyik melihatnya, eh entar nyambung lagi yaah . mau sholat m,aghrib niih

  56. Haryono MS said,

    salam kenal untuk semua.

    saya manusia indonesia yg bertempat-tinggal di tangerang, laki-laki, berumur 55 tahun dan dalam waktu 1 tahun terakhir sakit struk yang sudah berobat kemana-mana namun belum sembuh juga.

    data penyakit struk saya:
    .- stadium ringan
    .- yang terkena kaki kanan, tangan kanan & pipi kanan

    mohon bantuan rekan2 untuk menjelaskan lebih rinci ttg penggunaan undur2 guna mengobati penyakit struk saya ini.

    terima kasih atas bantuannya.

    wassalam

  57. chika said,

    ada yang tahu ga penelitian yang pernah dilakukan tentang undur-undur darat, soalnya sekarang ini aku lagi proses penelitian untuk bahan skripsiku di univ . Sanata Dharma Jogja tentang khasiat antidiabetic undur-undur darat pada tikus puttih jantan terbebani glukosa n nanti hasilnya dibandingin ama libenklamid(obat antidiabet sebagai kontrol positif), ada yang tahu ga pernah ga ada penelitian sejenis soalnya ini berkaitan ama keaslian penelitianku thankssss…………………………..;)

  58. chika said,

    libenklamid salah tulis yang bener glibenklamid hehehehe maap

  59. cindy said,

    cara penggunaan undur-undur gimana?langsung di telan/di jus?

  60. esbin said,

    Saya adalah anak dr orgtua yg kena serangan struk.Saya mau nanya:usia pnykt struk 7 thn apa masih ada kemungkinan utk smbh,apa obat penyembuhan yg tepat buat orgtua saya.Dia mengalami lumpuh bagian kanan,cr bicaranya kaku.Mhn bantuannya.Trims byk.! Esbin

  61. Fadilardy said,

    Kalo undur-undur bisa ngobatin penyakit asma juga ga? Ada yang punya pengalaman?
    Tolong dong kasih infonya

    Trims, ya

  62. rini said,

    halo smuanya saya kuliah di fakultas farmasi n ada niat mau buat skripsi tentang undur-undur,,klo ada yang mau sharing pengetahuan n klo kmu lebih tau banyak tolong bantu yah,,thx

  63. chyku72 said,

    Luar biasa binatang kecil undur undur dibicarakan dan dibutuhkan manusia. Nggak ada yang sia-sia dalam sebuah penciptaan…. ya..khan. Oke,,,,, saya pengen coba ternak undur2. ada yang bisa bantu….berhadiah…. pahala seumur hidup.. karena mau bersedekah dengan ilmu yang mengalir terus menerus. Di tempat saya cukup banyak. mungkin suatu saat bisa mengangkat perekonomian desa saya.
    Kukuh 085726107823 Karangsembung Kroya Cilacap

  64. rumahgrosir said,

    ada yang tau ga, selain menyembuhkan diabet, apa bisa untuk penyakit liver/sirosis..?

  65. Toar said,

    Ini teman saya dari Pleret/Pasuruan sakit diabetis, dia bilang pergi ke sensei diberi 4 capsul, dia minum 3 capsul, 1 capsul satu hari dan katanya sekarang sembuh, makan apapun dia tidag jaga.
    Lalu dia buka capsul yang ketiga mau tau apa isinya, lho ya kaget ko isinya ada 3 undur2 didalam capsul. Sekarang tiap enam bulan dia cari undur-undur sendiri untuk obatnya. Saya tidak tanya kenapa tiap 6 bulan.

  66. aris diantoro said,

    giman perawatan undur2?pemasaran jg bagaimana? kirim ke emailku aris_monggo@yahoo.co.id

  67. Vina said,

    maw nanya donk kk kk semua. ada yang tau nama latinnya undur-undur ga? aku butuh bgd ni untuk laporan biologi aku…
    tolong yah kk kk semua

  68. wijio said,

    bagus ga ya undur-undur dijadikan sebagagai bahan buat karya ilmiah

  69. bonsai said,

    katanya undur2 beracun loch……………..
    ati2 sama capitnya itu….
    katanya mengandung racun yang bisa bikin rambut rontok…

  70. talhah said,

    Alhamdulillah hari ini saya dapat ilmu baru mengenai undur – undur , semoga yang memberinya mendapat balasan yang berlipat ganda diakherat nanti sebagai ilmu yang bermanfaat , saya mau sharing , sebagai informasi untuk temen – temen yang keluarga menderita diabet denga luka yang tidak kunjung sembuh atau penderita struk dapat menggunakan extract gamat / tripang ( see cucumber ) + Chlorophil + Omega Squa , mudah – mudahan bermanfaat .Untuk lebih jelasnya dapat menghubungi saya di citra_analis@yahoo.com

  71. mikha said,

    Buat mbak-mbak atau mas-mas yang pernah atau lagi melakukan penelitian tentang undur-undur. Klo nggak keberatan mohon informasi tentang undur-undur (an. cara hidup, makanan, dan bagaimana membudayakannya). Makasih

  72. balik said,

    bisakah undur undur untuk mengobati hepatitis B..?

  73. silvia said,

    waduuuuuh sebagai mahasiswa biologi, saya cuma bisa geleng2 sama artikel bapak ini

  74. alex said,

    kalo di jakarta, ada di daerah mana ya….tolong informasinya

  75. m3ni3 said,

    di daerah pancoran glodok ada yg jual undur2 trus harganya 1000 rupiah plus dpat kapsul dari dia biasanya jualan kaki lima di emperan toko depan chandra cari aja dech
    sering kok yg jualan disitu

  76. zazar said,

    aturan makan undur-undur ada yang tau ? takutnya salah dosis jalan jadi mundur …repot dech

  77. mba wiwi said,

    Saya sebulan ynk lalu gula darah saya 32,5 lalu saya mencoba memakan undur-undur selama seminggu 1 hari 3 undur-undur ynk masih hidup!!!langsung saya telan!lalu saya mengetest kadar gula saya turun menjadi 160 skrng sy hanya mnm 1 hr 1 undur-undur dan kadar gula saya skrng normal 120

  78. iwang said,

    Kepada Pembaca semuanya,

    Mohon Maaf, saya dengan berat hati terpaksa tidak mengijinkan tawaran JUAL-BELI Undur-undur karena telah ada silang cengkarut di berbagai komentar ini.
    Untuk selanjutnya tawaran JUAL-BELI akan saya hapus dari komentar. Mohon untuk pengertiannya.

    Bila ada yang berkeinginan untuk JUAL atau BELI silahkan e-mail saya agar tidak mengganggu temen2 lain yang ingin membaca.

    Terimakasih atas perhatiannya, Silahkan membaca dan berbagi ilmu

    Salam,

  79. pra said,

    Saya coba sharing, Boss sy punya diabetes & Hepatitis B dan di sudah di vonis Dokter , kemudian mencoba makan undur2 (@ 1 hari 10 biji, dimasukan ke dlm kapsul) dan setelah 7 bulan kadar gulanya normal kembali dan Hepatitis B nya sembuh. Sekarang sy mau coba buat Ibu Mertua saya yg terkena Hepatitis C. Mudah2 an Alloh memberi kesembuhan melalui hewan yg telah membuat sensasional ini. Amiin

    • amalia said,

      @ Pra, keluarga saya juga ada yang terkena Hep B kronis – sirosis awal. saya juga tertarik untuk mencobanya. apakah benar bisa menyembuhkan? dosisnya itu sehari 10 ekor undur2 ya? menentukan dosisnya itu gimana?

  80. wiji astutik said,

    gambar undur-undur itu seperti apa ya?

  81. AMRILLATIF said,

    Saya sudah berobat ke mana-mana untuk menyembuhkan diabetes yang telah komplikasi ke retinopati (kerusakan pada retina mata) dan neoropati ngilu, kebas, dan tertusuk-tusuk pada kaki, namun belum memberikan hasil yang memuaskan, tetapi setelah konsumsi undur-undur 3 ekor pagi dan 3 ekor sore alhamdulillah gulanya menjadi normal, dan komplikasinyanya sudah mulai berkurang, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Amin

  82. Kristin said,

    Hebat !!! Indonesia emang keren, Ayah saya baru keluar dari rumah sakit karena diabetes, hanya mengandalkan suntik insulin dan obat2 kimia saja. Sekaran saya ingin mencoba memeberikan undur-undur ini kepada ayah saya, tapi sulit sekali saya menemukan undur-undur. anda yang bisa membantu?

    • ahmadmuqoy said,

      Pak Kristin, Kami memiliki undur-undur hidup siap kirim, silahkan sms/wa 082220833479

  83. toni sianturi said,

    Saya pengen tau khasiat undur-undur lebih dalam katanya sih ampuh untuk penyembuhan. kira2 untuk jenis PENYAKIT apa aja ya?
    trus cara mengolahnya gmana?
    kira2 campurannya apa aja (kalo memang ada)

    kkalo bisa di kirim ya ke email aku. ok! thanks

  84. toejay said,

    wah…ternyata makhluk kecil yang dulu saya sering jadikan mainan ini punya khasiat obat juga ya…Buat temen2 yg mau meneliti undur-undur,saya dukung dech..semoga sukses. Ini saya ada info juga, ulat kecil yang di tanah kering yang biasanya berlubang sebesar lidi itu juga bisa dipakai obat kencing manis. Itu saya denger infonya dari tetangga saya yg waktu itu saya liat lagi nyari ulatnya. Kalau mau,mungkin ini bisa jadi bahan penelitian juga. Bravo…tetap semangat.

  85. aripin said,

    buat semua….
    kALO undur-undur bisa buat obat asma ga yah..?

  86. Bambang Sudiyono said,

    Luar Biasa khasiat undur-undur. Pantesan sepanjang jalan serpong menuju bogor banyak orang jualan “undur-undur hidup”. Ada yang mencantumkan harga 1000/ekor.

    Jadi untuk yang tinggal di jakarta tidak usah khawatir, stok banyak di serpong dan ini sudah bertahun-tahun.

    Salam Kenal.

  87. Bambang Sudiyono said,

    Bagi yang mau mencoba jamu undur-undur hidup silakan gratis di tempat saya, tapi bawa kapsul kosong sendiri ya.., Saya sengaja membudidayakan untuk hiburan anak-anak di rumah dan juga ngingetin saya kecil dulu memanga di kampung mainannya hanya itu undur-undur (tembukur). silakan kunjungi http://bambangsudiyono.wordpress.com

    Terima kasih

  88. tri said,

    saya mencoba sedikit googling dan ada jawaban yang cenderung berhati-hati mengenai ubur-ubur ini dari para dokter. Sekedar memberikan wacana.
    http://www.mail-archive.com/dokter_umum@yahoogroups.com/msg03299.html
    terima kasih

  89. cinta said,

    halo semua…terima kasih infonya mengenai undur undur…tapi saya tidak tahu undur undur itu bentuknya seperti apa…? apakah binatang kecil yang bersembunyi di sebuah lobang kecil ?

    salam
    cinta- Bali

  90. cinta said,

    tambahan pertanyaan……temanku kakinya kalo disentuh katanya rasanya seperti ditusuk jarum……ada apa ya….? apa kira kira obatnya ? thanks

    Cinta

  91. Blainder said,

    Makan undur undur di kapsul ada aturannya loh, harus mepet ke tembok biar yang makan gak mundur-mundur karena jijik. ga’ percaya??? coba aza brur…

  92. Blainder said,

    Diabetes : 3 undur undur dalam 1 kapsul di konsumsi 3x sehari ( berarti 9 undur2),
    Hepatitis : 9 ato 11 undur undur dalam 1 kapsul di konsumsi 3x sehari.
    Aturan makannya tetap, harus mepet tembok loh…..

  93. Abi Yusuf said,

    Kesaksian>> Manfaat undur-undur:

    —– Original Message —–
    From: nurdin
    To: dokter_umum@yahoogroups.com
    Sent: Tuesday, July 17, 2007 8:42 AM
    Subject: [Dokter Umum] Undur-undur

    Assalamu`alaikum
    Untuk berbagi pengalaman.

    Yth. Para Dokter.
    Ibu saya memderita Diabetes type2 (rata-rata 120 puasa, 160 dua jam setelah
    makan), Hipertensi (rata-rata 150/80, pernah stroke 200/100).
    Asam Urat (rata-rata 8), Kolesterol (rata-rata 280).
    Sudah 1.5 tahun lebih mengkonsumsi obat-obatan, dengan rutinitas ke dokter
    setiap 1 bulan. Tadinya saya tidak begitu percaya terhadap mitos hewan undur-undur yang
    dikonsumsi hidup2 dpt menurunkan/meringankan segala kelainan
    Penyakit tersebut diatas, lewat referensi 3 orang dan mencarinya diinformasi
    internet, saya pun tertarik untuk mencobanya kepada ibu saya.
    Obat rutin diminum sesuai anjuran dokter.

    Undur-undur dimasukan kekapsul kosong sejumlah 5 hewan setelah makan siang.
    Entah bagaimana ceritanya/kemampuan hewan undur-undur di dalam tubuh,
    Tes darah bulan ini menunjukan semuanya dalam keadaan sangat NORMAL.
    Baik gula darah, asam urat dan kolesterol (hipertensi dalam taraf wajar
    rata-rata 140/75). Saya mempunyai alat ukur diabetes dan tensimeter.

    Awalnya pada minggu pertama s/d ketiga, perubahan tidak mencolok.
    Entah ketika tes laboratorium Rumah Sakit semuanya menunjukan batas normal
    hingga Dokter yang rutin memerksa mengucapkan selamat.
    Rutinitas mengkonsumsi Hewan Undur-undur ini masih dilakukan.
    “saya sangat berharap terhadap para Dokter yang mempunyai jiwa peneliti,
    untuk dapat meneliti kandungan hewan ini.
    Dan cara kerjanya ditubuh manusia”.
    Atau ada diantara para mailis yang mempunyai pengalaman yg sama?
    Terima kasih.

    • ellawati.aisyah@gmail.com said,

      bisa bantu info dimana bisa membelinya.

      • ahmadmuqoy said,

        Bu Ellawati Aisyah, Kami memiliki undur-undur hidup siap kirim, silahkan sms/wa 082220833479

  94. Agus priyono said,

    Undur2 bs menyembuhkan hepatitis? Benar gak sih? Aku lg sakit liver nih. Bisa d coba gak y?

    Agus.P_tangerang

  95. nita said,

    saya juga butuh info yang menerangkan secara klinis bahwa undur-undur berkhasiat sebagai antidiabetes.

  96. uchu said,

    TIDAK LENGKAP BOSSS

  97. triadha said,

    kayaknya ok juga tuh undur2. kita sering anggap sepele sesuatu yang keliatannya kecil. tapi sekarang terbukti, sesuatu yang kecil itu ternyata banyak manfaatnya.aku lagi coba ncari tu hewan kebetulan tu hewan banyak di sekolahanku. coba ntar ta bikin ekstrak truz ta cobanya.

  98. anisa nindya said,

    aku n temen rencananya mw buat judul kir yg berkaitan dg undur. tolong dunk beri nama latinnya!
    q tunggu lho……….

  99. asep rahmat said,

    saya punya banyak undur-undur .kalo perlu untuk obat saya bisa kasih gratis

  100. mega mangiwa said,

    to: asep rahmat
    aku mau pesen donk. jgn krm pake paket pos krn bisa mati. bisa ksh tau dimana belinya en brp hrgnya? tolong yah… krn papaku gula darahnya tinggi bgt en kakinya sdh bnyk ama luka hitam2 akibat gak bisa sembuh total. thanks.

  101. Teguh Herlambang said,

    bisa minta tolong bagaimana caranya ternak undur2 ?? karena ayah saya kena diabetes dan kebanyakan orang bilan undur2 dapat menymbuhkan. please kalau ada yang tau cara ternak undur2. Trims

  102. Teguh Herlambang said,

    Tolong mungkin ada yang tau cara ternak undur2 biar untuk obat ayah saya. Trims

  103. alvian soni putra hia said,

    sayang aku cinta kamu gimana kalau kita main ke rumahmu.trus pengalaman saya tentang undur-undur membuat bapakku menjadi sehat kembali. Sekian dan terimakasih. ya’ahowu

  104. triyono said,

    Selain buat obat diabetes manfaat undur-undur apa lagi ya tolong di bantu. tanks

  105. slamet riyatno said,

    dari sekian org yg curhat ke aku masalah lemah sahwat ternyata undur2 sangat membantu memulihkan

  106. daud camelo said,

    undur undur sangat populer di tempat kos saya
    konon katanya, undur undur berasal dari cethulz
    chetulz juga diyakini dapat menyembuhkan segala macam penyakit, terutama patah hati

  107. Ivan said,

    undur-undur itu mengandung apa aja sieh ???

  108. DIDIK said,

    ADA teman saya yg mengkhususkan diri membudidayakan undur2, memang unt pesanan para dokter dan shin se, kalo ga salah kalo sdh masuk apoteker/dokter dan sdh dimasukkan kapsul hrgnya bisa mencapai 150rb per kapsul(berisii 3 undur2)

    kalo mau pesen lewat saya hrg ga sampe segitu

    hub flx 03417017781

  109. Hermanus said,

    wah saya sih belum berani kayaknya makan undur-undur, apalagi stahu saya langsungd di telan hidup-hidup…hiiii

    • jabon said,

      biasanya kan dikemas dalam bentukkapsul, kan gamungkin buka kapsulnya dulu….

  110. Moestafa - Bogor said,

    Saya pernah nyoba undur2 dimakan saja mentah2 antara 5 – 8 ekor, sesudah dibersihkan dari debu yang nempel, maksudnya untuk ngurangi sakit asma saya, tapi ga / belum begitu berhasil, namun khasiat lain dapat mengurangi nafsu makan dan menurunkan berat badan, coba aja ga usah jijik toh buat kesembuhan penyakit yang kita derita, memang tidak ada ciptaan Allah yang sia-sia.

  111. hidayat said,

    bagi yang mau pesan undur – undur bisa pesan lewat saya karna ada teman saya yang bersedia cariin undur – undurnya , dulunya saya pernah menderita malarya setelah memakan undur undur alhamdulilah sampai sekarang tidak kambuh lagi dan juga undur – undur bagus untuk penyakit liver , begitu juga menurut pedagang jamu cina di tempat saya, jadi undur – undur bukan untuk obat diabetes saja banyak mamfaat lainnya seperti penyakit tifus juga berkhasiat , bagi yang mau mencari undur undur hubungi saya 085669011074 , nanti saya hubungin teman yang cariin undur – undurnya tentunya di tambah ongkos kirim.mengenai.harga ngga mahal kok ….

  112. edi said,

    mas mu tanya cara mendapatkan undur-undur ini yang paling mudah di mana ?

  113. HIDAYAT said,

    KHUSUS MULAI IDUL FITRI 1430H DI JUAL MENERIMA PESANAN MENCARI UNDUR – UNDUR HARGA Rp.2000,- /EKOR+OGKOS KIRIM UNTUK PESANAN 100 EKOR KEATAS HARGA Rp.1.500,-/EKOR GRATIS ONGKOS KIRIM

    • hero said,

      pak, kalo ke Manado bisa di kirim ngak? mati ngak ya? tq

    • ellawati.aisyah@gmail.com said,

      sy berminat, msh ada kh

  114. HIDAYAT said,

    KHUSUS MULAI IDUL FITRI 1430H DI JUAL MENERIMA PESANAN MENCARI UNDUR – UNDUR HARGA Rp.2000,- /EKOR+OGKOS KIRIM UNTUK PESANAN 100 EKOR KEATAS HARGA Rp.1.500,-/EKOR GRATIS ONGKOS KIRIM HUB.085669011074

  115. calon Cendekiawan said,

    undur- undur ternyata sudah banyak membuat orang penasaran & percaya ya, tapi sejauh ini blum kita ketahui efek samping dari konsumsi undur- undur ini, karena selama ini yang kita ketahui hanya bukti empiris. sudah ada penelitian dari kandungan undur2 ini, yaitu adanya zat Sulfonilurea yang memang benar bisa menstimulasi sel Beta untuk sekresi insulin, zat ini sangat berguna untuk diabetes tipe II (biasanya karena obesitas & pola hidup yang tidak sehat, IDDM). Namun, perlu dicermati kembali jangka panjangnya..karena penyakit diabetes itu sangat complicated, oleh karena itu perlu diperhatikan juga jenis obat yang hendak dikonsumsi.saat ini kami sedang concern pd penelitian diabetes, kami berencana meneruskan research tentang undur2 bersama tmn2 team pkm dr ugm…insyaAllah

    • calon Cendekiawan said,

      Merevisi itu NIDDM karena kepanjangannya Non-Insulin-Dependent-Diabetes Melitus

      • irleyzt said,

        bisa minta datax gag?>
        please…untuk jdul KTI aku

  116. ntung nimbrung said,

    hai semua……

    aku mo ikutan cerita pengalaman dg undur2….
    tahun 2007 ibu saya diketahui mengidap penyakit diabetes type2 yaitu diabetes yang tdk tergantung dg insulin.keluarga baru tau setelah ibu terkena infeksi di kaki smpai kemudian dibawa ke RS. dokter mengoprasi kaki ibu karena infeksi yg cukup luas, perkiraan dari dokter luka opersi bakal sembuh total dalam waktu 3 bulan tapi kami mencoba alternatif lain yaitu dg undur2 dan hasilnya dokter sampai ga percaya sebab dalam waktu 1 bulan luka operasi telah kering total(sembuh),,

  117. adnama said,

    hai semua,,

    sy punya penyakit tumor otak, sudah operasi thn 2000, smp skg msh minum obat agar tdk muncul lg ( kt. dokter ) skg ini sy coba undur2 di masukan kapsul 1 undur2, baiknya minum berapa x sehari yah ? trus efek jangka panjangnya ada ga??

  118. aan doank said,

    ada ga penelitian apa saja zat2 yag terkandung dalam undur2 apa ?????? emank bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kek diabetes

  119. jabon said,

    menurut hukum fiqih gimana ya? undur-undur itu halal atau haram ya?

  120. adi said,

    Sekarang sdh tersedia undur-undur yg diolah secara steril dan dijamin Garansi Keasliannya. Bagi anda yg punya keluarga, saudara, teman yg anda sayangi yg sedang punya masalah dengan penyakit Gula (Diabetes Militus), kami SALMA HUSADA, sdh tersedia kapsul Undur-undur, GARANSI ASLI. Yg berminat sms/telp. Ny. Eka HP. 08156611597. Gratis biaya kirim.

    • hero said,

      saya berminat beli, tapi saya tel kok no tsb tdk aktif? mohon bisa email saya atau HP 085973670000/0811437000. Trims

  121. dayu said,

    undur undur banyak ada disekitar rumah . tapi apakah sudah teruji kasiatnya. mohon diinfokan jika sudah ada penelitian lebih lanjut

  122. Nancy said,

    ternyata undur-undur juga berkhasiat sebagai obat

  123. imel saragi said,

    law buat penyakit asma bsa gak y undur2 ny?soalny aq da 3 tahun menderita asma.

  124. MUJIONO said,

    Jual undur-undur hidup Rp 800/ekor, minimal 1 paket (50 ekor + bonus 5
    ekor) seharga Rp 40.000,- belum termasuk ongkos kirim keseluruh indonesia.
    Pembayaran dapat dilakukan setelah undur-undur sampai ke tempat tujuan.
    Garansi undur-undur sampai dengan 35 hari.
    Silahkan hubungi kami Di : 024 70144771-08882581878.
    Bandingkan harga dan penawaran yang kami berikan

  125. angga cihoe said,

    jual undur2 untuk wilayah jakarta dan sekitarnya
    1 paket isi 125 undur2 harga 75rb (diluar ongkir)
    hub 08568774339

  126. shobirin said,

    Dirumah saya banyak undur undur.klo da yang mau mesen khusus LAMONGAN ajah, saya antar.ok hub 085 785 035 805

    untuk daerah LAMONGAN dan sekitarnya.. Trimakasih,
    Semoga Bermanfa’at, (dengan izinnya apapun akan Bisa)

  127. yudi sudrajat said,

    aturan makannya gimana?

  128. andro said,

    ibu saya terkena stroke…..lalu banyak juga yang menyarankan untuk mencoba undur2 lalu saya coba untuk membeli nya di poasar tanah abang…..tapi setelah ibu saya mengkonsumsi undur2 ternyata untuk ibu sya tidak nyaman karena kepala menjadi berat juga pusing hingga timbul vertigo yang kadang berkelanjutan., setelah dihentikan penggunaan dari undur2 ini vertigo nya puntak timbul lagi

    • Dede Hermawan said,

      Bu sakit kepala mah wajar lah namanya juga reaksi obat herbal gitu bu. mo hasil sendiri mo dapet beli sama ada reaksi bukan efek samping. obat dokter juga sama. kl bisa mah coba 1 atau 2 minggu bu lalu cek semua kadar gula’y, tekanan darah, trombositnya dll. sy baca tidak ada pengaruh bu buat penderita DM mah kecuali yang DM tapi punya penyakit dengan hati. kl yang lainn ya engga malahan darah normal (bagus) kl perlu hub 081221415838

  129. Dukun Obat said,

    undur-undur ternyata sangat ampuh mengobati penyakit dalam yang ganas dan mematikan, semisal diabetes, stroke, kolesterol, asam urat, dan lain sebagainya. Hal ini telah dibuktikan sejak dahulu di negara Cina dan beberapa penelitian ilmiah yang dilakukan pada akhir-akhir ini. jual undur-undur hub 081221415838

  130. Dede Hermawan said,

    Jual undur-undur hidup gratis ongkos kirim keseluruh NKRI dan undur-undur ditempatkan satu-satu jadi dijamin hidup sampai tujuan dan bisa bertahan satu bulan harga 50rb= 80 ekor, 100rb= 200 ekor, 200rb= 400 ekor, 300rb= 700ekor diatas 300rb bisa nego.kalau berminat hub 081221415838 (Dede Hermawan) trims

  131. hero said,

    Hati- hati dengan yg mengaku:

    Bernama Iwan
    Menjual undur-undur
    Propinsi: DKI Jakarta
    Lokasi: Jl. Bintara Jaya Kalimalang Jakarta, Jakarta
    Telp.: 08979116438

    Saya sdh transfer uang lalu dia bilang kalau ongkirnya 400rb dan meminta saya transfer lagi tetapi saya curiga dan tdk mau mentransfer lagi. dan saya bilang tlg di transfer balik uang saya, alhasil sampai sekrg dia tdk transfer balik. saya sms/tel tdk diangkat.

  132. mujiono said,

    Jual undur-undur murah dan GRATIS ONGKOS kirim keseluruh INDONESIA. UNDUR-UNDUR KAMI GARANSI, APA BILA ADA YANG MATI LANGSUNG KAMI GANTI, satu undur-undur kami tempatin sendiri2, didalam tempatnya undur-undur kuat hidup sampai 2 bulan. Kalau bapak/ibu berminat tinggal sms alamat kenomer ini 024 70144771-08882581878-085727964393 Mujiono, undur-undur langsung kami kirim. Pembayaran dilakukan setelah undur-undur sampai tujuan. Harga 40rb 80rb: 120ekor

  133. Dede Hermawan said,

    Jual undur-undur hidup gratis ongkos kirim keseluruh NKRI dan undur-undur ditempatkan satu-satu jadi dijamin hidup sampai tujuan dan bisa bertahan satu bulan tanpa di kasih makan harga 50rb= 80 ekor, 100rb=180 ekor, 200rb= 400 ekor, 300rb= 700ekor diatas 300rb bisa nego.kalau berminat hub 081221415838 (Dede Hermawan). barang keterima baru bayar.harga update

  134. kang adam said,

    kayanya ana punya gan contohnya.
    denger2 dari org iseng2 di kumpulin ya adalah sekitar 10 ekor.
    cuma ana pengen tau khasiat nya y bener2 untuk apa gitu.

  135. ahmadmuqoy said,

    Kami memiliki undur-undur hidup siap kirim, silahkan sms/wa 082220833479,
    terimakasih pak iwang…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: