Paradok: Menjadi Investor

April 23, 2007 at 6:27 am (Investasi dan Saham)

Dari berbagai buku di pasaran, seringkali ditemui anjuran supaya pindah kuadran agar bisa ‘bebas finansial’. Para pekerja/karyawan dianjurkan untuk beralih menjadi investor, sehingga ‘uanglah yg akan bekerja utk mereka (para pekerja)’. Sebuah doktrin yg begitu indah.

Luarbiasanya, pernyataan itu jarang di protes. Mereka tidak menyadari bahwa telah membiarkan satu kaki berdiri diatas khayalan. Khayalan? Jangan-jangan bukan kayalan dan hanya aku yg tidak mau berpikir maju?!

Begini alasanku…
Pertama, bahwa menjadi investor berarti ada syarat mutlak yg harus dipenuhi yakni ‘punya modal’ utk diputar. Betul?!

Nah tentulah sudah merupakan prestasi bila modal itu bisa dikumpulkan dari kelebihan pendapatan bulanannya (bukan dari lotre atau warisan). Kalau mampu menyisihkan uang untuk ditabung, berarti pendapatannya relatif besar. Dan kalau pendapatannya besar kenapa harus keluar dari pegawai dan jadi investor?

Kedua, Menjadi Investor TIDAK lebih mudah dari pada jadi pegawai.
Seseorang haruslah memiliki ilmu dan kesempatan sehingga mendapatkan return yg abnormal (diatas rata-rata). Jadi sekiranya meninggalkan gaji 3 jt maka dgn modal 10 jt, investor hrs mendapatkan imbal hasil 360% pa. Piye carane (gimana caranya) bisa dapet segitu dgn hanya ongkang-ongkang kaki?
Lha kalau bangkrut, gimana?

Kuadran Kiyosaki kemungkinan hanyalah areal abu-abu. Maka jika kita mau berpijak secara normal seharusnya perpindahan kuadran hanyalah kesempatan emas yg tersedia di depan kita. Berprofesi sebagai dokter, bidan atau konsultan kan juga sudah ‘penak’ secara ekonomi, lha kok musti memilih pindah jadi investor? Demikianpun sebagai pegawai atau sebagai pemilik perusahaan maka nggak cukup alasan utk pindah jadi investor kan?

Jadi pindah ke kuadran investor utk mencapai financial freedom bisa jadi hanyalah iming-iming belaka.
Dan bila kita balik ke alasan pertama, akan muncul paradok “Untuk menjadi investor harus punya banyak uang. Tetapi kalau sudah punya banyak duit kenapa pula musti investasi?”
Kapan menikmati hasilnya?

Jadi gimana donk? Ada yg bisa beri penjelasan?

5 Komentar

  1. Hery said,

    Menjadi orang yang memiliki jiwa investor memang tidak mudah. Beda dengan pegawai/karyawan, tiap pagi kerja, sore pulang, akhir bulan terima gaji. Bertahun-tahun seperti itu. Namun seorang investor sejati selalu mencari peluang untuk menambah asetnya. Sangat beda dengan karyawan. Ingat, hidup ini bukan sekedar mencari sepotong roti.
    Kuadran kanan, seperti kata Robert Kiyosaki, adalah kuadran dimana uang akan mengejar kita, bukan kita yang mengejar uang. Gimana nggak ngejar uang, lha wong kalo gak kerja gak dpt uang, kerja baru dpt uang.
    Sedangkan kehidupan orang-orang di kuadran kanan, mereka gak perlu kerja, tapi akan terus mendapatkan uang. Tentu saja ada harga yang harus dibayar, sebelumnya mereka bekerja keras membangun aset, pastinya sudah sangat-sangat banyak mereka mengalami kegagalan, bedanya dengan orang-orang di kuadran kiri adalah lebih cepat berhenti setelah didera beberapa kali kegagalan.
    Suichiro Honda, pendiri perusahaan otomotif Honda dari Jepang, mengatakan bahwa orang hanya melihat suksesnya, padahal kegagalannya jauh lebih banyak.
    Albert Einstein juga mengatakan bahwa teori kegilaan adalah melakukan hal yang sama tapi mengharapkan hal yang berbeda. Artinya, banyak orang berandai-andai, berharap-harap tanpa melakukan apa-apa, alias no action, hasilnya pasti nol.
    Kuadran kanan dituntut untuk berpikir, berkreasi, action, berpikir, berkreasi, action begitu seterusnya sampai benar-benar berhasil.
    Ingat, sukses memang tidak mudah, tapi lebih sulit lagi kalau tidak sukses.

    Semoga bermanfaat.

  2. eka lestari said,

    kalau menjadi investor siapa sih yang gak mau…kalau hasilnya lebih dari modal yang kita inveskan. tapi gimanapun jadi investor harus banyak belajar dan mengejar target, apalagi peluang itukan harus dicari, bukan uang yang yang mencari kita….seorang karyawan, atau pegawai yang kerja dikantoran pastinya ingin mendapatkan hasil yang lebih, makanya banyak juga mereka yang sudah bekerja ingin menjadi investor kecil-kecilan dengan cara berfluktuasi dengan valuta asing,,,,
    kesuksesan tidak didapat dengan mudah, apalagi kalau tidak gigih maka kita tidak dapat memperolehnya, satu hal lagi bahwa Albert Einsten pernah mengatakan 1% adalah jenius 99% imajinasi dan keringat, yang jadi persoalan adalah masalah keberuntungan saja….banyak orang yang sukses berawal dari sistem coba-coba tapi ada juga yang berawal dari kegigihan juga, tergantung siapa yang akan mencobanya…
    “pengalaman adalah guru yang utama yang mengajarkan kita akan pemahaman apa dan untuk siapa kita berjuang”
    apa salahnya untuk mencoba investasi?
    tapi harus ingat bahwa teori manajemen “big risk big gain” artinya besar resiko besar juga keuntungan yang didapat…
    karna investasi melihat tingkat suku bunga dan kondisi ekonomi, bisa saja untung dan menjadi kaya raya….bisa saja buntung dan menjadi kejaran debt kolektor….
    oleh karena itu syukurilah apa yang sudah kita dapatkan sekarang….jikapun tergiur dengan kesuksesan orang lain yang bermain dibursa saham…lihatlah dulu kondisi ekonomi sekarang….pandai-pamdai dalam meletakkan posisi pekerjaan kita….

    tetap semangat….raih kesuksesan, dan jangan pantang menyerah…
    semoga bermanfaat…

  3. Aji Wiratno said,

    Sebenernya coba2 tuh ndak baik,,,, Tpi,,,,, klu pingin coba jadi mellioner mau coba,,,,, tanpa ad pembimbing susah kayaknyahhhh,,,,,,,,, gmn yahhhh..!

  4. Aji Wiratno said,

    Sebenernya coba2 tuh ndak baik,,,, Tpi,,,,, klu pingin coba jadi mellioner mau coba,,,,, tanpa ad pembimbing susah kayaknyahhhh,,,,,,,,, gmn yahhhh..! & bisa dipertanggung jawabkan ngak,,,,!

  5. Gaga Cahya Affandi said,

    Selamat Siang Bapak/Ibu
    Kami PT. Mahadana Asta Berjangka perusahaan pialang berjangka yang mempunyai lisensi resmi dari BAPPEBTI
    alamat : Jl. Langensari No. 27, Klitren
    Yogyakarta
    Kami ingin menawarkan sebuah peluang bisnis kepada Bapak/Ibu berupa investasi berjangka yang mempunyai peluang bisnis cukup besar.
    dengan produk emas
    komisi cuman 100rb
    apabila Bapak/Ibu berminat dengan bisnis kami silahkan menghubungi
    085725660178(GAGA)
    terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: