Kangmas dan Pakde, Masihkah terus bicara?

September 21, 2007 at 9:56 am (Opini)

Baru kali ini aku bisa ikut acara buka bersama para alumni Universitas Gadjah Mada. Ini karena acara diadakan hari Kamis (20/9), bukan hari Jumat yang bagiku selalu berarti ‘tidak ada waktu’ luang. Acara yang dikemas ala Jogja itu penuh canda tawa, dan saling mengolok. Suasana yang mengingatkan pada jaman kuliah dulu, …banyak yang clekopan. Hahaha…bahkan anggota senayan pun bisa jadi sasaran.

Meski acara di adakan oleh Kagama Muda, tetapi beberapa alumni ‘tenar’ juga hadir. Sebut saja Pak Ganjar Pranowo anggota Senayan dari PDIP, Ridho Zarkasyi pengusaha HPH dan pondok Gontor, Abdul Latif ketum serikat pekerja Jamsostek dan lainnya aku lupa. Meski demikian aku yakin banyak pula peserta yang sebenarnya hebat hanya saja termasuk low profile.

Bukan ‘nama’ besar yang ingin aku catat tapi manfaat dari suatu pertemuan alumni. Dan kali ini sudah ada sedikit kemajuan menurut versiku, yakni keberanian membuka diri terhadap bisnis oriented. Sebuah orientasi yang terbilang ‘tabu’ bagi dunia ketimuran (Jogja).. Dulu, generasi muda selalu berharap (tapi tidak diungkap secara nyata) generasi tua mewariskan jaringan dan ‘titian’ kariernya kpd generasi muda. Dan sayangnya, generasi muda hanya kebagian ‘cerita-cerita’ doang.

Adanya suara akan pentingnya sisi ‘mothik’ (bhs jogja= duit) oriented yang bukan melulu cerita dan cerita doang memunculkan suara-suara kritis misalnya dari juragan Country donat, bos obat nyamuk vape dan beberapa lainnya.

Ada beberapa poin penting lainnya yg aku ingat yakni agar cah ugm lebih agresif, tidak leda-lede, lebih berani terbuka, terus menerus mengembangkan jaringan dan tentu saja mengembangkan mothik oriented itu tadi.

Semoga putaran buka puasa berikutnya akan lebih ‘real’ lagi. Kini sudah bukan waktunya bicara teori, kaki-kaki ini sudah berakar pada kehidupan. Semoga kita bisa melangkah bersama…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: